Ingin Tulang Tetap Sehat? Rajin-Rajinlah Makan Buah Ini

DokterSehat.Com – Kebanyakan orang berpikir jika untuk menjaga kesehatan tulang, ada baiknya kita rajin-rajin meminum susu. Padahal, ada banyak makanan atau minuman lainnya yang memiliki nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan tulang. Salah satunya adalah buah pisang.

doktersehat-tulang-rusuk-konsultasi

Kebanyakan dari kita berpikir jika pisang adalah buah yang baik bagi kesehatan saluran pencernaan. Padahal, pisang juga kaya akan kandungan potassium, salah satu jenis mineral yang sangat penting bagi kepadatan tulang kita. Selain itu, potassium dan kalium juga memiliki peran besar dalam menjaga keseimbangan elektrolit di dalam tubuh serta menjaga fungsi sel tubuh dan sel saraf.

Di dalam buah pisang, kita juga bisa menemukan kandungan fructooligosaccharide (FOS). Kandungan ini mendukung bakteri prebiotik, bakteri yang baik bagi kesehatan, dalam menghasilkan enzim pencernaan dan berbagai vitamin, serta mendukung penyerapan kalsium dari makanan. Dengan penyerapan kalsium yang maksimal, tulang tentu akan terjaga kesehatan dan kekuatannya.

Jika kita mengkonsumsi pisang hijau, kita juga akan menemukan asam lemak dengan rantai pendek atau short chain fatty acids, sejenis senyawa yang mampu menjaga kesehatan sel-sel tubuh dan mendukung penyerapan kalsium oleh tulang. Dikombinasikan dengan tingginya potassium, maka kita pun akan menurunkan resiko terkena osteoporosis dengan signifikan.

Hanya saja, pakar kesehatan menyebutkan bahwa berbagai manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dari buah pisang ini hanya bisa diraih andai kita mengkonsumsinya secara langsung, bukannya pisang yang digoreng, direbus, atau dibakar. Memang, pisang yang sudah diolah memiliki rasa yang enak, namun, kandungan potasiumnya akan berkurang dengan signifikan. Jurnal berjudul International Journal of Food Sciences and Nutrition mengungkapkan hasil sebuah penelitian pada tahun 2014 yang menunjukkan bahwa mengolah pisang dengan cara merendamnya di air mendidih sudah menghilangkan kandungan potasiumnya hingga 40 persen.

Baca Juga:  Pisang Ternyata Kurang Baik Dikonsumsi Sebagai Sarapan

Melihat adanya fakta-fakta ini, sering-seringlah makan buah pisang segar jika ingin menjaga kesehatan tulang.