Ingin Tidur yang Lebih Berkualitas di Akhir Pekan? Cobalah Pergi Berkemah

DokterSehat.Com – Banyak orang yang mengeluhkan rasa kurang nyaman atau kurang segar tatkala bangun pagi. Biasanya, rasa ini muncul karena jam tidur yang kurang atau mengalami gangguan tidur di malam hari. Saat akhir pekan seperti ini tiba, banyak orang yang ingin mendapatkan waktu tidur yang lebih lama. Sayangnya, di akhir pekan kita kerap kali melakukan berbagai hal hingga larut malam sehingga keinginan tersebut sulit untuk diwujudkan. Beruntung, pakar kesehatan memiliki sebuah solusi yang bisa membuat kita mendapatkan waktu tidur yang lebih berkualitas di akhir pekan. Cara tersebut adalah dengan pergi berkemah.



Berdasarkan hasil penelitian yang diterbitkan dalam jurnal berjudul Current Biology, disebutkan bahwa berkemah adalah salah satu cara yang efektif untuk mengatasi masalah susah tidur. Dengan berkemah, kita akan jauh dari paparan lampu yang terang di tengah kota. Kondisi yang gelap dan disertai dengan udara yang jauh lebih segar diyakini akan membantu kita untuk tidur dengan lebih awal sehingga saat bangun kita akan merasa segar dan bugar.

Kenneth Wright yang berasal dari University of Colorado berkata bahwa tanpa kita sadari, paparan cahaya lampu bisa merusak jam biologis kita. Dengan menjauhinya untuk sementara, kita bisa kembali memperbaiki jam biologis dalam tubuh  Fakta ini didapatkan dari penelitian yang beliau lakukan dengan cara mengukur hormon melatonin, hormon yang berperan besar dalam kualitas tidur kita, pada mereka yang pergi berkemah di musim panas atau musim dingin, dan mereka yang tidak pergi berkemah. Dari penelitian ini, diketahui bahwa mereka yang pergi berkemah memiliki kadar melatonin yang lebih tinggi dan rata-rata tidur 2,5 jam yang lebih awal jika dibandingkan dengan mereka yang tidak berkemah.

Baca Juga:  Ini Penyebab Kita Bisa Terbangun Karena Merasa Terjatuh Saat Tidur

Wright pun merekomendasikan siapa saja yang ingin memperbaiki kualitas tidurnya untuk pergi berkemah di akhir pekan seperti sekarang ini. Selain itu, cobalah untuk tidak terlalu banyak memainkan gadget saat berkemah agar kita bisa mendapatkan tidur yang jauh lebih lelap.