Ingin Tidur Nyenyak? Hindari Mengingat Kenangan Buruk

DokterSehat.Com – Sebelum tidur adalah waktu dimana kita kerap melakukan kontemplasi diri dan mengingat berbagai macam hal. Sayangnya, pada saat inilah kenangan-kenangan buruk di masa lalu kerap bermunculan. Andai hal ini terjadi, bisa jadi kita akan kesulitan untuk segera terlelap. Karena alasan inilah ada baiknya kita tidak memikirkan hal-hal buruk sebelum tidur.

doktersehat-couple-pasangan-ngorok-tidur

Pakar kesehatan Cristoph Nissen yang berasal dari Freiburg University Medical Center, Jerman, berkata bahwa hal ini menjadi inspirasi sebuah penelitian untuk menemukan cara mengobati pasien penderita gangguan stress-pasca trauma dan juga masalah kurang tidur yang disebabkan oleh seringnya kenangan buruk yang bermunculan. Penelitian ini sendiri melibatkan 73 siswa laki-laki yang diminta untuk melihat gambar-gambar yang bisa membuat mereka mengalami gangguan tidur layaknya anak yang menangis atau potongan tubuh mayat. Setelah itu, mereka diminta untuk mengingat gambar-gambar tersebut ketika bangun tidur di hari berikutnya. Para siswa ini juga diminta untuk menghafal 26 pasang gambar mengerikan lainnya dan 30 menit kemudian, mereka diminta untuk berpikir tentang gambar tersebut dan bahkan menggambarkannya kembali.

Dari penelitian ini, diketahui ada perbedaan andai kenangan buruk pada gambar-gambar mengerikan ini diingat atau ditekankan pada pikiran sebelum tidur dan setelah tidur. para partisipan yang diminta untuk mengingat gambar setelah tidur akan cenderung lebih sulit melupakan gambar-gambar mengerikan tersebut.

Pakar kesehatan Yunzhe Liu dari University College London, menyebutkan jika ada daerah otak manusia yang mencoba menghilangkan gambar atau kenangan buruk dari pikiran pada saat sebelum atau sesudah tidur. Sayangnya, memori yang muncul atau tersimpan setelah tidur malam ternyata memiliki kemampuan lebih kuat untuk tetap menyimpan kenangan buruk tersebut. Karena alasan inilah, ada baiknya membersihkan pikiran kita dan berusaha untuk segera melupakan kenangan-kenangan buruk ini sebelum tidur sehingga kita bisa segera melupakannya dan akan membuat tidur kita menjadi lebih nyenyak dan berkualitas.