Ingin Tidur Lebih Nyenyak? Cobalah Memakai Kaus Kaki

DokterSehat.Com – Di musim hujan seperti sekarang ini, suhu udara tentu akan cenderung lebih rendah jika dibandingkan dengan saat musim kemarau. Kita pun akan cukup sering mendengar suara hujan tatkala malam tiba. Jika anda ingin mendapatkan waktu tidur yang lebih nyenyak sambil menikmati suhu udara yang sangat nyaman seperti sekarang ini, pakar kesehatan ternyata menyarankan kita untuk memakai kaus kaki. Sebenarnya, apa kaitan dari penggunaan kaus kaki sehingga bisa membuat tidur kita lebih nyaman?



National Sleep Foundation dari Amerika Serikat menyebutkan jika kaus kaki memang bisa membuat kita tidur lebih nyenyak, apalagi di musim hujan atau musim dingin yang membuat suhu udara cukup rendah seperti belakangan ini. Dengan adanya kaus kaki, maka kaki kita akan jauh lebih hangat dan hal ini akan membuat seluruh tubuh merasa nyaman.

Pakar kesehatan dr. Natalie Azar bahkan mengungkapkan bahwa penggunaan kaus kaki di malam hari juga bisa membuat tubuh mengirimkan sinyal pada otak bahwa tubuh sudah siap untuk tidur. Hal ini dikarenakan kaki yang sebelumnya terasa dingin bisa kembali menghangat sehingga menyebabkan vasodilatasi atau pelebaran pembuluh darah. Jika pembuluh darah pada kaki atau tangan melebar, maka panas tubuh pun akan didistribusikan secara merata ke seluruh tubuh, termasuk otak. Hal inilah yang membuat otak segera menyiapkan tubuh untuk tidur nyaman.

Dr. Rimawati Tedjasukmana, SpS yang berasal dari RS Medistra berkata bahwa telapak kaki adalah salah satu bagian tubuh manusia yang sangat sensitif pada suhu. Saat suhu udara terasa dingin, maka telapak kaki kita akan merasa kurang nyaman dan hal ini akan mengganggu waktu tidur kita. Karena alasan inilah sebenarnya penggunaan kaus kaki bisa membuat tubuh lebih nyaman dan cepat tidur jika dibandingkan dengan menggunakan selimut.