Ingin Tidur Lebih Nyenyak? Bukalah Jendela Kamar

DokterSehat.Com– Pakar tidur dari Amerika Serikat bernama Dr. Steven Feinsilver menyebutkan bahwa untuk mendapatkan tidur yang lebih nyenyak, ada baiknya kita membuka jendela kamar tidur kita. Hal ini akan membuat jumlah oksigen di dalam kamar tidur menjadi lebih banyak dan akhirnya meningkatkan kualitas tidur.

doktersehat-seks-wanita-tidur

Anjuran Dr. Steven ini ternyata berdasarkan oleh hasil penelitian yang dilakukan di Belanda. Dalam penelitian yang dilakukan di Eindhoven University of Technology dan dipimpin oleh Asit Kumar Mishra, terdapat 17 relawan yang diperiksa kualitas tidurnya selama 5 malam. Hasilnya adalah, sebagian relawan yang tidur dengan jendela kamar yang dibuka cenderung tidur dengan jauh lebih nyenyak. Sementara itu, mereka yang tidur dengan jendela kamar yang tertutup cenderung tidur dengan kurang nyenyak akibat dari banyaknya karbondioksida yang membuat udara di dalam kamar menjadi kurang segar.

Dengan kadar karbondioksida yang lebih rendah, maka kita pun akan bisa tidur dengan lebih dalam, lebih efisien, dan semakin tidak mudah terbangun.

Dr. Steven menyebutkan bahwa faktor lingkungan dan udara di malam hari ternyata bisa berpengaruh besar pada kualitas tidur kita. Jika kamar tidur kita cenderung tidak memiliki sirkulasi udara yang baik, maka kondisinya akan cenderung lebih panas dan gerah. Hal ini bisa membuat rasa kurang nyaman dan akhirnya menurunkan kualitas tidur kita. Hal yang sebaliknya terjadi jika kita tidur di kamar dengan sirkulasi udara yang baik dimana udara akan terasa lebih segar, suhu udara cenderung lebih sejuk, dan akhirnya membuat tubuh terasa lebih nyaman dan kita pun akan tidur dengan lebih nyenyak.

Tak perlu membuka jendela lebar-lebar di malam hari. Bukalah sedikit saja agar ada udara bisa keluar dan masuk dengan lancar. Jika anda khawatir dengan kedatangan nyamuk, berilah penyaring nyamuk pada jendela sehingga kita pun bisa dengan tenang membuka jendela di malam hari.