Ingin Tetap Fit Meskipun Kurang Tidur? Lakukan Hal Ini

DokterSehat.Com– Di akhir pekan yang panjang, banyak orang yang memilih untuk menikmati waktu malam hari dengan bermain game hingga semalaman, mengobrol bersama dengan kawan-kawan atau keluarga hingga larut malam, atau bahkan begadang karena ingin menonton acara televisi kesayangan. Jika hal ini terjadi, maka kita pun akan kurang tidur dan merasa kurang fit saat bangun di keesokan paginya. Memang, kita tidak perlu tergesa-gesa di esok hari karena masih mendapatkan waktu libur, namun, ada baiknya memang kita tetap menjaga tubuh tetap bugar meskipun mengalami kurang tidur. Apa yang bisa kita lakukan untuk membuat tubuh kita tetap fit?

doktersehat-obat-tidur-insomnia

Banyak minum air
Pakar kesehatan menyarankan kita untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik agar selalu fit. Dengan banyak minum air putih, maka tubuh akan tetap terasa segar dan aktif meskipun kita kurang tidur sebelumnya. Memang, hal ini akan membuat kita sering bolak-balik ke kamar mandi, setidaknya tubuh akan berada dalam kondisi yang bugar dan tidak merasa lesu untuk melakukan berbagai aktifitas.

Tetap aktif
Meskipun masih bisa mendapatkan waktu libur ekstra, bukan berarti kita hanya akan menghabiskan waktu untuk malas-malasan seharian. Pakar kesehatan Ralph Downey III, PhD, yang berasal dari Loma Linda University Sleep Disorders Center di California, Amerika Serikat, berkata bahwa tetap aktif bergerak dalam melakukan banyak hal bisa merangsang otak untuk tetap terjaga sehingga tubuh pun cenderung lebih fit.

Menikmati sinar matahari
Sebuah penelitian yang dilakukan di Belgia pada tahun 2006 lalu menyebutkan bahwa cahaya dan kehangatan sinar matahari pagi ternyata bisa mempengaruhi otak agar tidak mudah mengantuk. Jika kita menikmati sinar matahari setelah bangun pagi, maka tubuh akan cenderung lebih fit dan bugar.