Ingin Terhindar Dari Diabetes, Cobalah Berjalan Kaki Setelah Makan

DokterSehat.Com – Salah satu penyakit yang paling ditakuti oleh masyarakat Indonesia adalah diabetes. Bagaimana tidak, penyakit ini bisa mengubah kualitas kehidupan seseorang dengan sangat signifikan. Penderitanya tidak bisa lagi asal mengkonsumsi makanan dan selalu dihinggapi ketakutan akan adanya komplikasi yang bisa membuat mereka harus mengamputasi anggota badan atau bahkan mengalami kematian. Untuk mencegah munculnya diabetes, ada baiknya kita mulai menerapkan gaya hidup sehat, khususnya dalam menerapkan pola makan dengan gizi yang seimbang. Namun, dari sebuah penelitian diketahui bahwa ada salah satu cara unik yang bisa kita lakukan untuk mencegah diabetes, yakni dengan berjalan kaki.

doktersehat-jalan-kerja-sehat

Pakar kesehatan Andrew Reynolds yang berasal dari University of Otago, Selandia Baru, mengungkapkan cara unik untuk mencegah diabetes ini, yakni dengan berjalan-jalan sebentar setelah makan, khususnya andai kita baru saja mengkonsumsi makanan yang kayaa akan karbohidrat. Menurut beliau, dengan berjalan kaki setelah makan kita bisa menurunkan kadar gula darah dengan cukup signifikan, yakni sekitar 12 hingga 22 persen. Andai kita melakukannya secara rutin, maka besar kemungkinan kita bisa mencegah datangnya diabetes dengan baik.

Sebagai informasi, makanan yang kaya akan kandungan karbohidrat akan memiliki kandungan glukosa yang cukup tinggi dan bisa menjadi pemicu datangnya penyakit diabetes. Selain itu, konsumsi makanan-makanan tersebut bisa menyebabkan kita mengalami kenaikan kadar gula dalam tubuh dengan signifikan yang berimbas pada kenaikan berat badan atau masalah obesitas yang juga sama berbahayanya layaknya diabetes.

Meskipun sederhana, banyak orang yang cenderung malas untuk bergerak apalagi setelah perut mereka merasa kenyang. Padahal, dengan menyempatkan waktu untuk berjalan kaki, meskipun hanya di dalam rumah atau di sekitar rumah saja, kita bisa menurunkan resiko terkena diabetes dengan sangat signifikan.