Ingin Terhindar Dari Depresi? Cobalah Konsumsi Kopi Setiap Hari

DokterSehat.Com – Kopi telah dikenal luas sebagai salah satu minuman yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Beberapa penelitian bahkan menunjukkan bahwa konsumsi kopi secara rutin akan membuat kita menurunkan resiko terkena beberapa jenis penyakit kanker. Namun, sebuah penelitian yang dilakukan di Harvard menyebutkan fakta menarik lainnya tentang konsumsi kopi dimana dengan mengkonsumsi kopi secara rutin, kita bisa terhindari dari masalah depresi.

doktersehat-kopi-coffee-kehamilan-preganncy-menurunkan-depresi

Penelitian di Harvard ini menganalisa data sekitar 200 ribu partisipan yang berasal dari tiga survei yang berbeda dan dilakukan secara menyeluruh. Dari para partisipan ini, para peneliti ingin melihat seberapa banyak mereka mengkonsumsi kopi atau kandungan kafein setiap harinya selama empat tahun. Tak hanya itu, penelitian ini juga menganalisa adanya kematian dari seluruh partisipan dimana setidaknya ada 277 partisipan yang meninggal karena bunuh diri yang terkait dengan masalah depresi.

Setelah meneliti semua data, para peneliti mengambil kesimpulan dimana ada kaitan erat antara kebiasaan mengkonsumsi kopi dengan kecenderungan untuk tidak melakukan bunuh diri. Mereka yang mengkonsumsi kopi dengan takaran dua hingga empat cangkir dalam sehari justru akan memiliki resiko lebih rendah untuk melakukan bunuh diri karena depresi. Pakar kesehatan menyebutkan jika ada kemungkinan hal ini dipicu oleh konsumsi kandungan kafein yang ada di dalam kopi. Kafein ternyata mampu menurunkan gejala depresi dengan sangat signifikan. Bagaimana tidak, kafein ternyata ikut membantu pelepasan hormon endorphin yang memang bisa menurunkan depresi.

Penelitian ini juga menunjukkan fakta menarik dimana kaum hawa yang rutin mengkonsumsi kopi setidakya dua cangkir setiap harinya akan menurunkan resiko terkena depresi hingga 15 persen dan jika takaran konsumsi kopi ini meningkat hingga empat cangkir per harinya, maka resiko terkena depresi bisa menurun hingga 20 persen.