Ingin Tampilan Tetap Awet Muda? Rutinlah Melakukan Jogging

DokterSehat.Com – Setiap orang, baik itu pria maupun wanita, tentu akan berharap tampilannya tetap awet muda. Selain itu, semua orang juga berharap agar tetap dalam kondisi sehat dan panjang umur. Untuk mendapatkan semua ini, kita bisa melakukan rekomendasi yang diberikan oleh pakar kesehatan dari Cardiff, Wales, bernama James Thie. Menurut James, jika kita mulai rutin melakukan olahraga jogging atau berlari, maka kita bisa semakin awet muda dan panjang umur. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-olahraga-jogging-lari-exercise-malam-hari

James mengungkapkan jika olahraga jogging adalah salah satu jenis olahraga yang sangat lengkap mengingat hampir semua anggota tubuh bergerak dengan aktif saat kita berlari. Olahraga ini juga termasuk dalam olahraga yang murah sekalihgus bisa dilakukan siapa saja dan kapan saja. Tak hanya membuat tubuh aktif bergerak, olahraga ini juga membuat kita lebih baik dalam mengendalikan pernafasan dan melancarkan sirkulasi darah. Padahal, sebagaimana kita ketahui, kelancaran sirkulasi darah dan kayaknya pasokan oksigen dalam tubuh memiliki peran besar dalam menjaga kesehatan kulit sehingga kita akan tetap awet muda.

Terdapat sebuah penelitian yang dilakukan di Copenhagen City Heart, Denmark, dimana dikeathui bahwa mereka yang melakukan jogging akan semakin panjang umur. Penelitian yang dilakukan dengan cara mengumpulkan data partisipan dari tahun 1976 hingga tahun 2003 ini menunjukkan fakta menarik dimana wanita yang rutin berlari akan memperpanjang usianya rata-rata 6,2 tahun dan para pria akan menambah usia rata-rata 5,6 tahun. Bertambahnya rata-rata usia ini disebabkan oleh semakin sehatnya organ jantung para pelari dan semakin baiknya sensitifitas insulin dan kepadatan tulang para pecinta jogging.

Penelitian ini juga mengungkapkan bahwa mereka yang rutin melakukan jogging akan tidak mudah terkena masalah obesitas dan cenderung memiliki otak yang sehat hingga usia tua. Bahkan, andai kita rutin melakukan jogging setidaknya 20 menit setiap harinya, kita akan terbebas dari stress dan menjadi lebih berbahagia.