Ingin Sukses Diet? Dengarkan Musik Saja

DokterSehat.Com– Musik memang bisa kita nikmati untuk mengisi waktu luang atau saat sedang bosan. Namun, tahukah anda jika mendengarkan musik ternyata bisa membantu menurunkan berat badan? Pakar kesehatan menyebutkan bahwa musik ternyata bisa mengaktifkan beberapa sel dalam tubuh yang bisa membantu proses penurunan berat badan, mengendalikan pola makan, serta memperbaiki pola tidur. Bagaimana caranya?

doktersehat-gadget-handphone-chat-earphone

Membuat makan menjadi lebih sedikit
Tahukah anda jika alunan musik romantis pada saat makan malam di restoran yang mewah ternyata ditujukan agar anda bisa makan dengan nyaman sekaligus membuat anda makan dengan porsi yang lebih sedikit? Pakar kesehatan menyebutkan bahwa makan sambil mendengarkan musik jazz dan penerangan yang tepat akan membuat anda akan cenderung makan dengan porsi yang lebih sedikit.

Membuat olahraga semakin bersemangat
Berolahraga dengan rutin dan konsisten tidaklah semudah yang dibayangkan. Seringkali rasa malas akan muncul tatkala kita akan melakukannya Beruntung, dengan mendengarkan musik, maka kita akan lebih bersemangat untuk melakukan olahraga. Bahkan, sebuah penelitian menyebutkan bahwa pejalan kaki yang melakukannya sembari mendengarkan musik cenderung berjalan dengan lebih cepat dan lebih jauh sehingga membakar kalori dengan lebih banyak.

Mencegah susah tidur
Susah tidur atau insomnia adalah salah satu masalah kesehatan yang bisa membuat kita sulit menurunkan berat badan. Bagaimana tidak, penyakit ini akan mengacaukan siklus hormon dalam tubuh dan akhirnya membuat proses pembakaran kalori terhambat. Dalam sebuah penelitian, diketahui bahwa mendengarkan musik yang bisa menenangkan pikiran selama 45 menit sebelum beranjak tidur bisa membuat pikiran dan otot menjadi lebih rileks sehingga kita pun bisa segera terlelap.