Ingin Sehat? Cobalah Meminum Lemon Hangat di Pagi Hari

DokterSehat.Com – Pakar kesehatan dr. Mike Rousell, PhD yang merupakan seorang ahli nutrisi menyebutkan jika untuk mendapatkan tubuh yang sehat, kita tentu harus lebih baik dalam memperhatikan apa yang kita makan dan minum sehari-hari. Beliau pun merekomendasikan sebuah minuman yang diyakini bisa membuat tubuh kita menjadi lebih sehat, yakni air lemon hangat. Menurut beliau, konsumsi air lemon hangat di pagi hari secara rutin bisa memberikan beberapa manfaat kesehatan bagi tubuh seperti sebagai berikut.

doktersehat-bau-badan-ketiak-lemon

Tahukah anda, buah lemon ternyata memiliki kemampuan yang luar biasa bagi kesehatan tubuh, khususnya dalam melakukan detoksifikasi atau mengeluarkan dan menetralkan racun yang ada di dalam tubuh. Dr. Rousell mengungkapkan jika buah lemon ternyata memiliki kandungan yang disebut sebagai D-Limonene yang bisa membuat tubuh terangsang untuk mengaktifkan enzim-enzim pada organ liver yang memang memiliki kemampuan detoksifikasi alami pada tubuh. Dengan enzim-enzim tersebut semakin aktif, proses detoksifikasi tubuh jelas akan menjadi lebih baik, bukan?

Konsumsi minuman lemon hangat di pagi hari ternyata bisa membuat tubuh kita semakin banyak mendapatkan asupan mineral saat sarapan. Dr. Rousell berkata jika di buah lemon ada vitamin C dalam jumlah yang sangat banyak. Kandungan ini ternyata mampu membuat tubuh lebih baik dalam menyerap mineral selama sarapan dan konsumsi makanan di waktu lainnya. Tak hanya melalui minuman lemon hangat, konsumsi beberapa sayuran dan buah-buahan juga bisa memberikan efek positif ini bagi kesehatan tubuh.

Banyak orang yang berpikir jika lemon adalah buah yang memiliki kandungan asam sitrat sehingga akan membuat perut tidak nyaman jika dikonsumsi di pagi hari. Padahal, menurut dr. Rousell, kandungan asam sitrat pada buah lemon justru mampu mengatasi rasa tidak nyaman atau sakit pada perut. Hal ini dikarenakan kandungan asam sitrat lemon justru meningkatkan penyerapan aluminium hidroksida yang bisa menekan produksi asam lambung berlebihan.