Ingin Sehat? Bersihkan Area Rumah Berikut Ini Setiap Hari

DokterSehat.Com – Kebersihan adalah pangkal dari kesehatan. Pepatah ini ternyata benar adanya. Pakar kesehatan menyebutkan jika mereka yang rutin membersihkan rumah ternyata akan cenderung lebih baik dalam mencegah munculnya penyakit, khususnya dalam beberapa area di dalam rumah seperti sebagai berikut.

doktersehat-dapur-bersih-bakteri

Area pintu masuk ternyata adalah area yang wajib dibersihkan setiap hari. Tanpa kita sadari, area pintu masuk bisa langsung memberikan impresi dan kenyamanan pada otak kita. Sebagai contoh, jika saat memasuki pintu kita sudah melihat berbagai hal yang tidak bersih atau tidak rapi, kita akan cenderung tidak merasa nyaman dan bahkan stress. Padahal, kita sendiri mengetahui jika stress bisa membuat produksi hormon kortisol meningkat sehingga kita pun akan lebih mudah terkena penyakit.

Meja dapur menjadi tempat berikutnya yang harus kita rutin bersihkan setiap hari. Hal ini dikarenakan di tempat inilah kita mengolah makanan yang nantinya akan masuk ke dalam tubuh kita. Jika tempat ini kotor dan penuh dengan kuman atau bakteri, tentu kita akan beresiko tinggi memasukkan bakteri dan kuman tersebut ke dalam tubuh dan menyebabkan munculnya penyakit. Selain mengelapnya hingga bersih, pakailah semprotan anti bakteri untuk membersihkan meja dapur untuk memastikan kuman dan bakteri bisa lenyap.

Kamar mandi dan lantai rumah jelas harus dibersihkan setiap hari, apalagi jika kita termasuk orang yang suka melakukan banyak kegiatan di atas lantai. Selain itu, beberapa benda yang kerap kita pegang di dalam rumah layaknya remote televisi juga harus rutin dibersihkan setiap pagi dengan semprotan pembersih. Frekuensi penggunaan remote televisi yang sangat tinggi dikhawatirkan bisa menularkan bakteri ke tangan kita, apalagi jika kita menonton televisi sambil mengkonsumsi camilan. Selain itu, spon untuk mencuci piring juga sebaiknya kerap kita bersihkan dan rendam dalam air panas selama lima menit. Handuk cuci piring yang kita pakai untuk mengelap tangan setelah mencuci tangan juga sebaiknya sering kita cuci agar terjaga kehigienisannya.

Baca Juga:  Apa Penyebab Gusi Berdarah ?

Dengan benda-benda di dalam rumah tersebut tetap terjaga kebersihannya, kita pun akan menjadi lebih baik dalam mencegah datangnya berbagai macam penyakit.