Ingin Rambut Lebih Bersih? Campurkan Shampoo Dengan Gula

DokterSehat.Com – Berkeramas dengan rutin adalah salah satu cara paling sederhana namun efektif dalam menjaga kesehatan dan kebersihan rambut. Sayangnya, seringkali masih ada cukup banyak kotoran yang tertinggal meskipun kita sudah berkeramas. Jika hal ini dibiarkan begitu saja, dikhawatirkan, rambut justru bisa mengalami masalah kesehatan layaknya ketombe atau masalah kesehatan lainnya. Demi menghindari hal ini, apakah ada cara lain yang bisa dilakukan agar rambut benar-benar bisa dibersihkan dengan lebih baik?

doktersehat-wanita-keramas-mandi-setelah-olahraga-berbahaya

Bagi yang memiliki dana berlebih, membersihkan rambut bisa dilakukan dengan mengunjungi salon perawatan rambut atau membeli berbagai produk perawatan rambut yang berharga mahal. Namun, bagi mereka yang memiliki dana pas-pasan, hal ini tentu akan sulit untuk dilakukan. Beruntung, menurut pakar kesehatan, ada cara yang lebih mudah dan lebih murah untuk dilakukan. Cara tersebut adalah dengan menambahkan gula pada shampoo.

Dengan mencampurkan gula dengan shampoo, kita akan membuat kotoran bisa dibersihkan dengan lebih efektif dari kulit kepala. Tak hanya membuat rambut menjadi lebih bersih mengingat berbagai kotoran dan sel kulit mati bisa diangkat dari kulit kepala, butiran gula nan lembut ternyata bisa memberikan sensasi pijatan yang membuat kepala menjadi lebih nyaman sekaligus melancarkan peredaran darah di area tersebut.

Untuk menggunakannya, kita hanya perlu menambahkan satu sendok teh gula pada shampoo yang akan kita gunakan. Setelah itu, gunakan campuran ini untuk berkeramas seperti biasanya dan bilaslah dengan air hingga bersih.

Dr. Fransesca Fusco yang berasal dari Wexler Dermatology menyarankan kita untuk menggunakan campuran shampoo dan gula ini sekali dalam sebulan saja. Andai kita melakukannya lebih dari rekomendasi tersebut, dikhawatirkan kita justru akan membuat kulit kepala menjadi kering sehingga bisa memicu masalah kesehatan rambut lainnya.