Ingin Panjang Umur? Lakukan Olahraga-Olahraga Berikut Ini

DokterSehat.Com – Sudah menjadi rahasia umum jika salah satu kunci mendapatkan tubuh yang sehat adalah dengan rutin berolahraga. Sebuah penelitian terbaru menunjukkan fakta lain yang luar biasa dari olahraga, yakni kemampuannya untuk membuat kita panjang umur. Penelitian yang hasilnya dipublikasikan dalam British Journal of Sports Magazine ini menyebutkan jika setidaknya ada tiga jenis olahraga yang berkaitan dengan panjangnya usia seseorang. Apa sajakah olahraga-olahraga tersebut?

doktersehat-renang-olahraga

Penelitian yang dilakukan oleh pakar kesehatan dari Eropa dan Australia ini dilakukan pada lebih dari 80 ribu data masyarakat Inggris dan Skotlandia yang diminta untuk menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan aktifitas fisiknya di antara tahun 1994 hingga 2008. Dari data-data tersebut, diketahui bahwa mereka yang rajin melakukan olahraga aerobik, berenang, dan juga tenis, cenderung memiliki resiko lebih rendah untuk meninggal dunia selama penelitian.

Dari data ini, diketahui bahwa 44 persen orang rutin melakukan olahraga yang penting bagi kesehatan. Dari mereka yang rutin berolahraga, diketahui bahwa mereka yang rutin bermain tenis atau olahraga raket lainnya memiliki 47 persen resiko lebih rendah untuk meninggal jika dibandingkan dengan mereka yang tidak berolahraga. Sementara itu, para perenang memiliki 28 persen lebih rendah untuk meninggal dunia dan pecinta olahraga aerobik mampu menurunkan resiko kematian hingga 27 persen.

Yang cukup mengejutkan adalah, olahraga yang sangat populer bagi masyarakat, yakni olahraga lari dan bersepeda, ternyata tidak menurunkan resiko kematian secara signifikan. Namun, pakar kesehatan Pekka Oja yang berasal dari Health Promotion Research di Finlandia menyebutkan jika pecinta olahraga lari biasanya masih berusia muda sehingga tentu tidak berpengaruh besar pada resiko kematian. Sementara itu, bersepeda kerap kali dijadikan sarana rekreasi atau sarana transportasi ke tempat kerja sehingga tidak begitu memenuhi kebutuhan olahraga tubuh.