Ingin Mudah Menurunkan Berat Badan? Cobalah Berteman Dengan Orang yang Langsing

DokterSehat.Com – Salah satu hal yang sangat sulit untuk dilakukan adalah menurunkan berat badan. Pakar kesehatan menyebutkan jika tanpa adanya tekad yang kuat, maka melawan berbagai godaan makanan tidak sehat pun bisa menjadi hal yang sulit. Beruntung, ada banyak sekali tips yang bisa kita lakukan untuk memastikan program penurunan berat badan kita bisa dilakukan. Salah satu yang cukup unik namun dianggap cukup efektif adalah dengan berkawan dengan orang-orang yang langsing. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-diet-buncit

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Baylor University di Texas, Amerika Serikat, menyebutkan jika andai kita ingin berhasil menurunkan berat badan, maka salah satu cara yang harus dilakukan adalah dengan memiliki teman dengan orang-orang berbadan langsing atau memiliki berat badan yang ideal. Penelitian ini sendiri melibatkan data dari 9.335 responden dengan rentang usia 18 hingga 65 tahun. Para responden ini diteliti aktifitas sosialnya dan terus dipantau berat badannya sepanjang satu tahun.

Penelitian ini mempelajari hubungan antara interaksi sosial seseorang, baik itu dengan kontak langsung, atau bahkan melalui media layaknya media sosial, telepon, sms, hingga email, dengan keinginan untuk menurunkan atau mempertahankan berat badan. Yang menarik adalah, dari para responden yang cenderung memiliki lingkungan sosial dimana banyak teman yang memiliki berat badan ideal, mereka cenderung akan lebih mudah menurunkan berat badan. Bahkan, semakin intens kontak dengan teman-teman dengan berat badan ideal, semakin menurun berat badan seseorang menjadi ideal.

Matthew Anderson, seorang pakar kesehatan yang terlibat dalam penelitian ini menyebutkan jika mereka yang berkawan dengan teman-teman yang langsing kerap mendapatkan dukungan positif dan tips-tips untuk menurunkan berat badan. Selain itu, tekad untuk mendapatkan tubuh yang ideal layaknya teman-temannya pun akan meningkat sehingga akan meningkatkan rasio keberhasilan penurunan berat badan.