Ingin Menurunkan Resiko Diabetes? Rajin-rajinlah Berjalan Kaki

DokterSehat.Com – Diabetes termasuk dalam salah satu penyakit yang paling ditakuti oleh banyak orang. Banyak penderita diabetes yang mengalami komplikasi sehingga harus merelakan beberapa anggota tubuhnya diamputasi. Agar tidak mengalami nasib mengerikan tersebut, kita tentu harus menjaga kesehatan tubuh dan mencegah munculnya diabetes. Caranya pun sebenarnya tidak sulit, yakni hanya dengan rutin melakukan olahraga berjalan kaki.

doktersehat-olahraga-exercise-sehat

Fakta ini didapatkan dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Duke University. Para partisipan yang diketahui mengalami kondisi pra-diabetes, kondisi dimana kadar gula darah seseorang meningkat namun belum termasuk dalam kategori penyakit diabetes, diminta untuk melakukan olahraga berjalan kaki atau melakukan jogging sejauh 22 km dalam seminggu selama enam bulan. Setelah dicek kondisi kesehatannya, barulah diketahui jika para partisipan yang memilih olahraga berjalan kaki justru mengalami peningkatan toleransi glukosa pada tubuh hingga hampir 6 kali lipat jika dibandingkan dengan mereka yang memilih olahraga jogging. Sebagai informasi, toleransi glukosa adalah kemampuan sel tubuh dalam menyerap gula darah.

Cris Slentz, Ph.D, yang berasal dari Duke University dan memimpin penelitian ini menyebutkan jika berjalan kaki sepertinya memang akan sangat baik dalam menurunkan resiko diabetes, meskipun memang belum diketahui mengapa olahraga ini sepertinya sangat cocok untuk mencegah penyakit mengerikan tersebut. Namun, pakar kesehatan menduga jika dengan rutin berjalan kaki, maka tubuh akan lebih aktif dalam menyimpan asam lemak yang nantinya akan menjadi bahan bakar jika dibandingkan dengan olahraga yang lebih intens layaknya jogging.

Dengan tingginya asam lemak, maka tubuh semakin sulit dalam memproses insulin. Jika hal ini terjadi, maka tubuh tentu akan kesulitan menyerap gula darah dan tubuh pun akan meresponsnya dengan memproduksi lebih banyak insulin demi mengimbangi hal ini. Hal ini ternyata akan berpengaruh besar pada menurunnya resiko terkena pra-diabetes dan juga penyakit diabetes.

Baca Juga:  Turunkan Resiko Diabetes Dengan Rutin Latihan Angkat beban

Slentz menyarankan semua orang untuk mengkombinasikan olahraga berjalan kaki dengan olahraga berintensitas tinggi layaknya jogging agar kita bisa lebih baik mencegah penyakit diabetes sekaligus menjaga kesehatan jantung, pembuluh darah, dan berbagai sistem yang ada di dalam tubuh.