Ingin Menjaga Berat Badan? Cobalah Makan Memakai Sendok Bergagang Panjang Ala Korea

DokterSehat.Com – Demam Korea yang berasal dari lagu-lagu atau drama dari Negeri Ginseng tersebut kini telah melanda tanah air. Banyak pemuda-pemudi hingga ibu-ibu yang menyukai berbagai hal yang berkaitan dengan budaya negeri Asia Timur ini. Sebagai contoh, kini banyak orang yang tertarik untuk menggunakan sumpit logam atau sendok bergagang panjang ala Korea untuk makan. Yang menarik adalah, ada sebuah penelitian yang menyebutkan jika sendok bergagang panjang ala Korea ini sepertinya bisa membantu mereka yang ingin menjaga berat badannya atau melakukan program diet. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-sendok-gagang-panjang-korea

Sebuah penelitian dilakukan di Taiwan dan hasilnya dipublikasikan dalam jurnal Psychological Reports. Hasilnya adalah, sendok dengan gagang panjang ini bisa membuat kita tidak mengkonsumsi makanan secara berlebihan. Tak hanya sendok, alat makan lainnya layaknya garpu atau bahkan sumpit dengan ukuran yang lebih panjang ternyata memang mampu membuat kita makan dengan sedikit dan membantu kesuksesan diet.

Penelitian ini sendiri melibatkan 78 orang yang rata-rata berumur 21 tahun. Para peserta sendiri mengakui jika ada banyak hal yang berbeda saat mengkonsumsi makanan dengan sendok atau peralatan lain dengan ukuran yang lebih panjang dimana jika sebelumnya mereka memiliki keinginan makan yang cukup besar saat memakai peralatan makan dengan ukuran normal, maka keinginan makan mereka lebih terkendali saat memakai sendok bergagang panjang. Yang menarik adalah, sendok bergagang panjang ini bisa membuat mereka lebih menikmati makanan.

Pakar kesehatan menyebutkan jika dengan memakai peralatan makan bergagang panjang, maka kecepatan untuk makan juga akan lebih melambat dan hal ini akan berpengaruh besar pada otak untuk memberikan sinyal kenyang. Alhasil, banyak peserta yang mengaku jika mereka merasa kenyang sebelum makanan di atas piring habis. Dengan adanya fakta ini, andai kita ingin melakukan diet atau menjaga berat badan, kita bisa mulai memakai sendok bergagang panjang saat makan.