Ingin Menghilangkan Stress? Cobalah Untuk Membuat Kue

DokterSehat.Com– Sebuah penelitian berhasil menemukan sebuah cara unik untuk mengatasi stress. Cara tersebut adalah dengan membuat kue. Menurut pakar kesehatan di bidang psikologi bernama Donna Pincus dari Boston University di Amerika Serikat, salah satu cara untuk menghilangkan stress adalah dengan mengekspresikan diri dan salah satu cara mengekspresikan diri tersebut adalah dengan memasak atau membuat kue.

doktersehat-cake-cupcake

Tak disangka, mencampurkan adonan kue atau menghirup harumnya aroma kue saat dipanggang ternyata bisa memberikan efek menenangkan dalam pikiran. Pincus sendiri menyebut aktifitas membuat kue ini mirip dengan aktifitas memainkan musik atau melukis yang merupakan tindakan ekspresi kreatif. Padahal, tindakan ekspresi kreatif memang bisa meningkatkan kesehatan jiwa dengan signifikan.

Dengan membuat kue, kita membutuhkan otak yang lebih aktif, kreatif, dan berusaha untuk berada dalam keadaan yang benar-benar sadar, khususnya pada saat menakar bahan, mengolah adonan, hingga membaui atau merasakan kue tersebut. Melakukan hal-hal tersebut ternyata bisa menurunkan efek kecemasan sekaligus membuat kita merasa lebih bahagia.

Saat kita mengalami stress atau mulai terkena depresi, cobalah untuk menyibukkan diri dengan cara membuat kue. Saat melakukannya, stress atau berbagai pikiran yang sebelumnya menguasai pikiran kita akan teralihkan oleh konsentrasi kita dalam membuat kue. Pikiran pun akan menjadi jauh lebih sadar karena kita akan memastikan bahwa kue ini harus jadi sesuai dengan keinginan kita. Setelah kue ini jadi pun, kita bisa meminta orang lain untuk mencobanya dan saat orang lain menyukainya, suasana hati kita juga akan menjadi lebih baik. Selain itu, berbagi sesuatu dengan orang lain memang bisa membuat suasana hati menjadi jauh lebih baik sehingga stress pun bisa diatasi.

Baca Juga:  Awas Stres Karena Putus Cinta Bisa Sebabkan Gangguan Mental Hingga Kematian

Jadi, apakah anda berpikir untuk membuat kue di akhir pekan nanti untuk menghilangkan stress?