Ingin Menekan Nafsu Ngemil? Gunakan Saja Toples Camilan Buram

DokterSehat.Com– Salah satu penyebab kita mengalami kenaikan berat badan atau sulit untuk menjalankan program diet adalah karena hobi mengkonsumsi camilan. Bagaimana tidak, camilan memang sangat nikmat untuk dikonsumsi saat kita menonton televisi, mengobrol, atau bahkan saat bekerja. Padahal, kebiasaan mengkonsumsi camilan ini bisa membuat kita mengkonsumsi kalori secara berlebihan sehingga tentu akan membuat kita semakin sulit untuk menurunkan berat badan. Apakah tidak ada cara yang bisa kita lakukan agar bisa menekan keinginan ngemil berlebihan ini?



Meskipun secara teori terlihat mudah, dalam realitanya mengurangi asupan camilan sangatlah sulit untuk dilakukan. Rasa yang nikmat dan sensasi yang asik saat mengkonsumsinya bisa membuat kita ketagihan. Beruntung, sebuah studi yang dilakukan di Cornell University’s Food and Brand Lab berhasil menemukan cara unik dan efektif demi menurunkan keinginan ngemil berlebihan ini. Cara tersebut adalah dengan menggunakan toples camilan yang buram.

Dalam penelitian ini, terdapat dua jenis toples yang berbeda; satu memiliki tekstur buram, dan satunya lagi bening layaknya wadah toples camilan pada umumnya. Para partisipan yang diminta untuk mengkonsumsi camilan cokelat dari dua jenis toples ini ternyata cenderung menghabiskan cokelat pada toples bening 46 persen lebih cepat dari toples yang buram.

Menurut pakar kesehatan, apa yang kita lihat ternyata memang berpengaruh besar pada keinginan makan dan rasa lapar. Tekstur toples yang buram ternyata bisa mengelabui keinginan tersebut sehingga kita tidak akan mudah tergiur untuk mengkonsumsi camilan secara berlebihan.

Melihat adanya fakta ini, kita tidak perlu khawatir andai membeli camilan. Cukup dengan menempatkannya pada toples yang buram, maka kita pun tidak akan mudah menghabiskannya dengan cepat. Dengan lebih baik dalam mengendalikan kebiasaan ngemil, maka kita pun bisa menjaga berat badan dengan lebih baik.