Ingin Mencegah Kanker Paru? Rutinlah Mengkonsumsi Bawang Putih

DokterSehat.Com – Bawang putih dikenal luas sebagai bumbu makanan yang bisa membuat makanan kita memiliki aroma dan rasa yang jauh lebih sedap. Namun, tahukah anda jika bawang putih juga bisa dipakai sebagai makanan sehat yang akan memberikan manfaat besar sekali bagi tubuh. Ya, sebuah penelitian terbaru yang dilakukan di Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit dari provinsi Jiangsu, China, menyebutkan jika kita mengkonsumsi bawang putih setidaknya dua kali seminggu, maka kita akan secara efektif menurunkan resiko terkena kanker paru-paru hingga 44 persen. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-Emboli-Paru-Penyakit-Paru-Obstruktif-Kronik-PPOk

Penelitian inI dilakukan dengan melibatkan setidaknya 4.500 orang dengan kondisi yang sehat dan juga 1.400 orang yang merupakan pasien kanker paru-paru. Dari kedua kelompok ini, para peneliti mencoba untuk membandingkan gaya hidup sehari-hari keduanya bahkan hingga pola makan harian. Hasilnya adalah, dengan mengkonsumsi bawang putih, kita memang lebih sedikit beresiko terkena kanker yang berbahaya ini.

Penelitian ini juga mengungkapkan fakta bahwa mereka yang rutin merokok namun juga rutin mengkonsumsi bawang putih, baik itu yang masih dalam kondisi mentah setidaknya dua kali dalam seminggu atau yang telah dimasak setidaknya hampir setiap hari, maka Ia akan mampu menurunkan resiko terkena kanker paru-paru hingga 30 persen. Padahal, sebagaimana kita ketahui, merokok adalah pemicu utama dari penyakit kanker paru-paru yang mematikan ini. Hanya saja, bukan berarti para perokok bisa merasa aman dari penyakit berbahaya karena fakta ini. Satu-satunya cara agar tubuh tetap aman dari berbagai penyakit tetap saja dengan berhenti merokok.

Organisasi Kesehatan Dunia ataau WHO menyarankan kita untuk setidaknya mengkonsumsi 2 hingga 5 gram bawang putih setiap harinya yang berarti kita membutuhkan 1 hingga 2 siung bawang putih saja, baik itu matang ataupun mentah. Namun, ada baiknya kita mulai mengkonsumsi bawang putih mentah andai menginginkan efek mencegah kanker paru-paru yang lebih maksimal.