Ingin Membakar Kalori Lebih Banyak Dengan Berjalan Kaki? Lakukan Hal Berikut

DokterSehat.Com – Andai kita ingin menurunkan berat badan, pakar kesehatan sangat menyarankan kita untuk melakukan tiga hal utama; melakukan latihan kardio, melakukan latihan kekuatan atau latihan beban, dan juga mulai mengkonsumsi makanan sehat layaknya sayuran dan buah-buahan setiap hari. Untuk latihan kardio, kita bisa melakukan olahraga yang sederhana layaknya berjalan kaki. Meskipun terlihat simpel, berjalan kaki ternyata sangat efektif dalam meningkatkan detak jantung, memperlancar peredaran darah, dan juga membakar kalori. Hanya saja, andai kita berjalan dengan santai saja, tentu pembakaran kalori yang kita butuhkan untuk menurunkan berat badan menjadi kurang efektif. Agar berjalan kaki bisa membakar lebih banyak kalori, kita bisa melakukan hal-hal berikut.

doktersehat-olahraga-exercise-sehat

Mencari rute menaiki bukit
Cobalah untuk mencari rute berjalan kaki yang membuat kita harus menaiki bukit. Andai kita berjalan kaki selama 30 hingga 60 menit dengan rute menaiki bukit, maka tentu kalori yang kita bakar akan jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan berjalan santai dengan rute yang cenderung datar. Jika kita mampu, ulangi rute menaiki bukit ini hingga beberapa kali untuk mendapatkan pembakaran kalori yang jauh lebih baik.

Membawa beban
Gunakan tambahan beban layaknya dengan memakai rompi pemberat atau setidaknya tas punggung. Hanya saja, pastikan bahwa beban yang anda bawa tidak terlalu banyak karena bisa mengganggu keseimbangan tubuh. Dengan memakai rompi pemberat, kita bisa mendistribusikan beban secara merata pada tubuh sehingga saat berjalan kaki, kita akan melakukan usaha yang lebih banyak untuk membakar kalori. Hanya saja, pastikan bahwa anda tidak memiliki masalah pada punggung, lutut, hingga pergelangan kaki sebelum memutuskan memakai beban tambahan untuk berolahraga.

Baca Juga:  Perhatikan Hal Yang Menyebabkan Gangguan Pada Sendi Rahang

Mencoba menambah kecepatan
Berjalan kaki dengan santai dalam kurun waktu tertentu memang sudah bisa memberikan kebaikan bagi kesehatan. Hanya saja, andai kita ingin membakar kalori atau menurunkan berat badan, ada baiknya sedikit demi sedikit kita mulai menambah kecepatan agar kalori yang terbakar jauh lebih banyak.