Ingin Memakai Tato Temporer? Ada Resiko Kesehatannya, Lho

DokterSehat.Com – Berbeda dengan tato permanen yang bisa dimiliki seumur hidup, tato temporer biasanya akan hilang dalam beberapa waktu. Karena alasan inilah banyak orang yang cenderung memilih tato temporer karena bisa saja Ia mengganti bentuk tato andai sudah bosan atau tertarik dengan gambar tato lainnya.  Belakangan ini, banyak anak muda yang mulai menggemari tato temporer setelah melihat supermodel Kendall Jenner memamerkan tato temporer ular berukuran besar di pahanya. Meskipun terlihat keren, pakar kesehatan ternyata menyebutkan jika tato temporer memiliki resiko kesehatan. Seperti apakah resiko kesehatan tersebut?

doktersehat-tato-hena-tattoo

Dr. Linda Katz yang berasal dari FDA’s Office of Cosmetics and Colors, berkata jika meskipun hanya bersifat sementara, dalam realitanya tato temporer bisa memberikan reaksi yang berbeda-beda pada kulit. Reaksi ini bisa saja berupa munculnya ruam-ruam, lecet, iritasi, atau bahkan infeksi. Memang, reaksi kulit ini tak bisa langsung muncul setelah kita mendapatkan tato, namun, bisa jadi setelah beberapa hari atau beberapa minggu menggunakannya, masalah kulit tersebut muncul dan dikhawatirkan kulit kita juga akan mengalami kehilangan kepekaan pada sinar matahari.

Kita bisa menemukan cukup banyak bahan kimia pada tato temporer yang bisa menimbulkan masalah kesehatan kulit. Bahkan, andai kita memakai tato yang hanya membutuhkan air untuk menempelkannya pun, kita bisa menemukan senyawa reagen yang ternyata dianggap sebagai bahan yang tidak aman oleh badan pengawas produk kosmetik di banyak negara.

Andai memang kita ingin mendapatkan tato temporer agar terlihat lebih keren, pastikan bahwa kita mendapatkannya dari tempat seniman tato yang sudah resmi, berizin, dan dikenal aman. Selain itu, pastikan jika bahan tato yang digunakan sudah mendapatkan izin edar dan aman untuk digunakan. Perhatikan pula kehigienisan seniman tato karena andai mereka tak mencuci tangan atau memakai sarung tangan sebelum mentato, bisa jadi kita akan beresiko terkena masalah kulit. Jika ternyata kulit kita memberikan reaksi layaknya gatal-gatal, perih, kulit memerah dan ruam-ruam, segeralah periksakan kondisi ini ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.