Ingin Manfaat yang Lebih Baik Bagi Tubuh, Ubah Kebiasaan Meminum Air Dingin dengan Air Hangat

DokterSehat.Com Minuman dingin masih lebih banyak dipilih oleh sebagian orang selepas menyantap hidangan. Terlebih ketika berada di tempat makan seperti warung makan, kafe, atau pun restoran. Mulai dari es teh sebagai minuman favorit, hingga air es, atau minuman kemasan berbagai rasa lebih banyak dipesan. Sebenarnya baikkah minuman dingin jika terlalu banyak dikonsumsi?

7190209429_529e3f07ca_o

Terlepas dari baik atau buruk, ternyata minuman hangat jauh lebih banyak memiliki manfaat dibanding minuman dingin. Pada dasarnya minuman dingin, terlebih minuman kemasan memiliki kandungan kalori, yang tidak ditemukan pada minuman hangat. Minuman dingin pun memiliki efek adiktif yang membuat ingin mengkonsumsinya lagi dan lagi. Berbeda dengan air hangat yang memiliki banyak kelebihan, berdasarkan studi yang telah dilakukan.

  • Menjaga kondisi tubuh lebih stabil

Minuman hangat mampu menjaga kondisi tubuh lebih stabil dan seimbang. Berbeda dengan minuman dingin yang membuat ‘lonjakan’ ketika masuk ke dalam tubuh, sehingga suhu yang dingin membutuhkan waktu untuk menyesuaikan dengan kondisi tubuh yang hangat.

  • Meningkatkan kinerja metabolisme dan melancarkan pencernaan

Minuman hangat dapat meningkatkan kinerja metabolisme tubuh dengan merangsang titik-titik kenikmatan tertentu yang ada pada otak. Sehingga memiliki dampak yang sangat baik bagi kelancaran pencernaan.

  • Menjadikan gigi lebih sehat

Selain air kemasan mineral, minuman kemasan berasa dengan kondisi dingin memiliki kadar gula yang tinggi, bahkan yang berlabel less sugar sekali pun. Kandungan ini tentunya akan menyebabkan permasalahan pada gigi, seperti caries dan kekeroposan gigi.

  • Menjauhkan infeksi

Dalam minuman yang disajikan hangat setelah dimasak hingga mendidih tentunya jauh lebih aman, karena meminimalisir bakteri serta mikroorganisme lain. Dampaknya infeksi akibat bakteri yang masuk ke tubuh pun lebih minim.