Ingin Makan Buah Tapi Takut Pestisida? Gunakan Bahan Ini Untuk Membersihkannya

DokterSehat.Com– Kita mengenal pestisida sebagai bahan yang dipakai dalam dunia pertanian demi mencegah datangnya hama. Dengan memakai pestisida, maka diharapkan panen pun akan melimpah sehingga memenuhi kebutuhan pasar. Sayangnya, hampir semua buah yang ada di pasaran baik itu di supermarket modern ataupun yang ada di pedagang buah tradisional ternyata juga mengandung pestisida. Hal ini berarti, kita pun tidak boleh sembarangan mengkonsumsi buah yang kita beli sebelum membersihkannya dari kandungan pestisida ini.

doktersehat-buah-apel-harus-dicuci-dulu

Banyak orang yang bingung dengan bagaimana cara mencuci buah agar aman untuk dikonsumsi. Jika hanya mencucinya dengan air, dikhawatirkan kandungan pestisida masih tertinggal. Sementara itu, jika kita mencucinya dengan sabun, dikhawatirkan bahan kimia dari sabun ini tertinggal pada buah dan bisa berimbas buruk bagi kesehatan jika sampai tertelan.

Beruntung, pakar kesehatan menyebutkan bahwa ada cara yang bisa kita lakukan untuk menghilangkan pestisida ini. Cara tersebut adalah dengan menggunakan baking soda. Fakta ini didapatkan setelah para peneliti mencoba membersihkan apel gala organik di dalam larutan baking soda. Hasilnya adalah, kandungan pestisida berjenis thiabendozale bisa hilang hingga 80 persen dan pestisida jenis phosmet bisa hilang hingga 96 persen. Sebagai informasi, thiabendozale mampu mencapai kedalaman 80 mikrometer dari permukaan apel sementara phosmet mampu mencapai 20 mikrometer.

Meskipun tidak bisa benar-benar membersihkan pestisida hingga 100 persen, namun setidaknya kita sudah menghilangkan kadar pestisida dengan signifikan. Jika anda masih kurang yakin dengan kebersihan permukaan buah yang anda konsumsi, kupas saja kulitnya sehingga kita pun tidak akan mengkonsumsi pestisida.