Ingin Lebih Fokus di Tempat Kerja? Minumlah Matcha Latte

DokterSehat.Com – Banyak orang yang mengeluhkan hilangnya fokus atau konsentrasi saat mereka bekerja sehingga tentu akan membuat mereka kesulitan untuk menyelesaikan pekerjaan. Untuk mendapatkan kembali fokus tersebut, sebagian orang memilih untuk menikmati kopi, berjalan-jalan dan melihat taman, atau bahkan merokok sebentar. Namun, menurut sebuah penelitian terbaru, ada baiknya kita mengkonsumsi matcha latte yang ternyata mampu secara efektif meningkatkan fokus. Seperti apakah manfaat mengkonsumsi minuman yang sangat nikmat ini?

doktersehat-macha-latte-kue

Penelitian yang dilakukan oleh pakar kesehatan dari Clarkson University yang ada di New York dan University of Georgia berhasil menemukan minuman yang bisa menjaga fokus kita tetap baik saat bekerja. Minuman tersebut adalah kombinasi dari kopi, cokelat, dan juga susu matcha latte. Dalam penelitian ini, para peneliti juga membandingkan efek konsumsi matcha latte ini dengan minuman lainnya layaknya kopi susu hingga cokelat panas. Hasilnya adalah, matcha latte mampu mendorong otak lebih baik dalam mengatasi kecemasan, meningkatkan fungsi kognitif, menambah energi, hingga mengurangi rasa lelah.

Jika matcha latte sendiri sudah cukup untuk menjaga fokus, mengapa kita perlu menambahkan cokelat dan juga kopi? Para peneliti menyebutkan jika cokelat bisa membantu peningkatan aliran darah menuju otak untuk memperbaiki perhatian dan fungsi kognitif. Sementara itu, kafein di dalam kopi sangat baik dalam mengatasi kecemasan.

Penelitian yang dilakukan selama hampir satu tahun ini dilakukan dengan cara meminta para partisipan untuk meminum beberapa jenis minuman, termasuk matcha latte. Setelah itu, para partisipan diminta untuk melakukan tes untuk mengetahui fungsi kognitif hingga suasana hatinya. Hasilnya adalah, konsumsi matcha lattee membuat para partisipan menurunkan angka kesalahan saat menyelesaikan tes dan mereka juga memiliki perhatian yang lebih baik. Setelah menambahkan kopi dan cokelat, fungsi kognitif justru semakin meningkat dan mereka tidak mudah cemas.

Dengan adanya fakta ini, cobalah untuk mengkonsumsi matcha latte saat pikiran anda tiba-tiba buntu di tempat kerja.