Ingin Lebih Berbahagia? Konsumsi Makanan Berwarna Kuning

DokterSehat.Com – Tahukah anda jika apa yang anda makan bisa mempengaruhi mood anda? Fakta ini didapatkan dari hasil penelitian yang dilakukan oleh The Happy Egg Company dimana andai kita mengkonsumsi makanan dengan warna kuning, maka kita akan cenderung lebih baik dalam melepaskan hormon bahagia di dalam tubuh. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-sarapan-sehat-pagi

Dalam penelitian ini, partisipan diminta untuk mengkonsumsi beberapa jenis makanan dan diketahui bahwa 61 persen partisipan merasa paling bahagia tatkala mereka mengkonsumsi sepiring omelet. Beberapa jenis makanan lain yang berwarna kuning juga cukup populer layaknya macaroni keju, buah pisang, dan juga panekuk. Penelitian ini juga mengungkapkan fakta dimana lebih dari dua pertiga masyarakat menginginkan bahan makanan berwarna kuning di dalam kulkas. Yang menarik adalah, saat para partisipan ditanyai tentang makanan dengan warna apa yang mereka inginkan, 31 persen diantaranya menjawab warna kuning lebih cepat dibandingkan dengan warna-warna lainnya.

Psikolog dr David Lewis menyebutkan jika warna kuning memang kerap kali diasosiasikan dengan ungkapan rasa gembira dan keceriaan. Semenjak berusia sangat muda, kita memang cenderung bereaksi positif pada warna yang cerah ini mengingat warna kuning terkait dengan hangatnya sinar matahari. Warna ini juga sangat kerap ditemui pada mainan anak-anak sehingga kita pun merasakan aura kebahagiaan masa kecil saat memandangnya.

Setelah makanan dengan warna kuning, makanan dengan warna merah dan warna cokelat menjadi favorit banyak orang berikutnya. Hanya saja, warna cokelat menunjukkan jika manusia memang cenderung suka dengan nutrisi karbohidrat. Dengan adanya fakta ini, andai kita merasakan lelah atau kurang bersemangat, kita bisa mencoba mengkonsumsi makanan berwarna kuning yang bisa membuat mood kita menjadi lebih baik.