Ingin Langsing? Minum Saja Air Rebusan Ubi

DokterSehat.Com – Akui saja, setiap orang tentu ingin menurunkan berat badan dengan cara yang paling cepat. Meskipun pakar kesehatan menyebutkan jika cara terbaik dan paling sehat untuk menurunkan berat badan adalah dengan rutin berolahraga dan menerapkan pola makan sehat, banyak orang yang mencari cara lain karena berpikir jika diet sehat tersebut kurang cepat menurunkan berat badan. Beruntung, sebuah penelitian di Jepang sepertinya menemukan cara cepat dan mudah untuk menurunkan berat badan tanpa memberikan resiko kesehatan, cara tersebut adalah dengan meminum air rebusan ubi.

doktersehat-ubi-ungu

Pakar kesehatan yang memimpin penelitian ini, dr. Koji Ishiguro, yang berasal dari National Agriculture & Food Research Organization di Tsukuba, bersama dengan timnya membagi dua kelompok tikus yang mengkonsumsi makanan kaya lemak. Salah satu kelompok tikus tersebut diberi peptida ubi, semacam protein pencernaan enzim yang berasal dari air rebusan ubi, dengan kadar yang lebih tinggi selama 28 hari. Setelahnya, berat jaringan lemak dan hati, serta kadar kolesterol, trigliserida, adiponektin, sindrom metabolik, dan juga leptin dari kedua kelompok tikus dihitung. Hasilnya adalah, tikus yang mengkonsumsi peptida ubi secara teratur akan cenderung memiliki berat badan yang lebih rendah dan kadar kolesterol trigliserida, leptin, dan adiponektin yang juga lebih rendah.

Para peneliti berpikir jika air rebusan ibu ini bisa mempengaruhi berat badan, jaringan lemak, dan berbagai faktor lain yang membuat tikus-tikus percobaan ini bisa terjaga berat badan dan kondisi kesehatannya. Dr. Ishiguro sendiri menduga jika air rebusan ubi ini mampu mengendalikan molekul penekan nafsu makan pada tubuh dengan signifikan. Mengingat secara biologis tubuh tikus dan juga manusia bisa dianggap setara, maka hal ini tentu juga bisa berpengaruh pada tubuh manusia.

Baca Juga:  Semakin Tua, Apakah Kita Semakin Sulit Untuk Menurunkan Berat Badan?

Meskipun masih membutuhkan penelitian lebih lanjut, hasil penelitian ini sepertinya bisa menjadi inspirasi bagi kita yang ingin segera menurunkan berat badan atau ingin mempertahankan bentuk tubuh tetap ideal, yakni dengan rutin mengkonsumsi air rebusan ubi.