Ingin Langsing? Cobalah Untuk Sering-Sering Naik Angkutan Umum

DokterSehat.Com – Gaya hidup modern yang cenderung tidak sehat seringkali menjadi penyebab utama masalah kelebihan berat badan. Tak percaya? Tanpa kita sadari, kita kini menjadi semakin jarang bergerak dan melakukan pola makan yang cenderung jauh lebih tidak sehat. Kita bisa mengambil contoh banyak pekerja kantoran yang dalam kesehariannya harus melalui perjalanan dengan mobil dalam posisi duduk, dan dilanjutkan dengan bekerja di depan komputer dengan duduk dalam durasi berjam-jam. Kebiasaan buruk ini tentu akan membuat kita rentan terkena masalah obesitas atau kegemukan.

doktersehat-naik-angkutan-kota-angkot-baik-untuk-jantung

Jika kita adalah pekerja kantoran yang cenderung jarang bergerak dan rentan mengalami masalah obesitas, sebuah penelitian yang dirilis oleh British medical Journal, London, Inggris, mungkin bisa memberikan sedikit pencerahan bagi kita. Penelitian ini menyebutkan jika kita ingin menjaga berat badan, ada baiknya kita sering-sering memakai transportasi umum alih-alih memakai kendaraan sendiri! Penelitian ini menunjukkan fakta dimana mereka yang memakai transportasi umum akan memiliki indeks massa tubuh yang cenderung lebih rendah jika dibandingkan dengan mereka yang memakai kendaraan sendiri. Hanya saja, fakta ini tidak berlaku bagi mereka yang memakai kendaraan sendiri berupa sepeda karena perjalanan dengan sepeda tentu membuat tubuh aktif bergerak dan membakar cukup banyak kalori.

Penelitian ini menunjukkan fakta dimana pria yang memakai moda transportasi umum akan memiliki indeks massa tubuh rata-rata lebih rendah satu poin jika dibandingkan dengan mereka yang memakai kendaraan sendiri. Satu poin ini setara dengan sekitar 3 kg berat badan. Sementara itu, kaum hawa juga cenderung memiliki indeks massa tubuh rata-rata 0,7 kg lebih rendah, atau sekitar 2,5 kg berat badan.

Secara logika, pengguna moda transportasi umum tanpa disadari juga akan melakukan banyak aktifitas pembakar kalori. Berjalan kaki untuk mencapai halte bus atau stasiun kereta ikut berandil dalam pembakaran kalori dengan lebih baik. Bandingkan dengan mereka yang memakai kendaraan pribadi yang langsung duduk dengan santai di belakang kemudi dari depan rumah hingga tempat kerjanya. Dengan adanya fakta ini, kita tidak perlu ragu lagi memakai moda transportasi untuk mencapai tempat kerja, bukan? Selain bisa mengurangi kemacetan di kota besar, kegiatan ini juga akan sangat baik bagi kesehatan tubuh.