Ingin Kolesterol Turun? Konsumsi Saja Makanan Ini

DokterSehat.Com– Salah satu masalah kesehatan yang ditakuti oleh banyak orang adalah masalah kolesterol. Bagaimana tidak, jika kadar kolesterol jahat di dalam tubuh berada dalam kadar yang berlebihan, dikhawatirkan hal ini akan memicu berbagai macam penyakit berbahaya seperti penyakit jantung hingga stroke. Yang menjadi masalah adalah, kita kerap mengkonsumsi makanan atau menerapkan gaya hidup yang tidak sehat yang mampu meningkatkan kadar kolesterol jahat. Jika hal ini terjadi, apa yang bisa kita lakukan untuk menurunkan kadar kolesterol tubuh?

doktersehat-almond-yoghurt

Tak disangka, cara untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh ternyata cukup mudah untuk dilakukan, yakni dengan mengkonsumsi yoghurt secara teratur. Makanan yang terbuat dari fermentasi susu ini ternyata memiliki berbagai manfaat kesehatan, termasuk dalam hal menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2013 berhasil membuktikan bahwa konsumsi yoghurt ternyata mampu menurunkan tekanan darah dan kolesterol. Selain itu, mereka yang rutin mengkonsumsi yoghurt juga disebut-sebut memiliki kondisi sistem metabolisme yang jauh lebih baik.

Hanya saja, tidak semua jenis yoghurt ternyata memiliki kemampuan menurunkan kadar kolesterol. Journal of Dairy Science yang diterbitkan pada Juli 2011 lalu menyebutkan bahwa yoghurt yang kaya akan kandungan lactobacillus acidophulus La 5 dan bifidobacterium lactis Bb12-lah yang mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Dengan mengkonsumsinya 10,6 ons per hari, maka tubuh akan mendapatkan berbagai manfaat kesehatan.

Penelitian lain yang dilakukan oleh pakar kesehatan dari University of McGill yang ada di Montreal, Kanada, pada 127 orang yang mengalami masalah kolesterol tinggi, berhasil membuktikan bahwa konsumsi dua dosis probiotik setiap hari mampu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh dengan signifikan.

Baca Juga:  Terong, Sayuran yang Bisa Menurunkan Kolesterol

Dengan adanya fakta-fakta ini, anda tidak perlu ragu lagi untuk mengkonsumsi yoghurt secara rutin, bukan?