Ingin Jauh Dari Osteoporosis Caranya Aktif Bergerak

DokterSehat.Com – Penyakit osteoporosis atau dikenal dengan istilah penyakit silent diasese karena gejala yang dialami oleh penderita tidak terlihat kasat mata ataupun gejala spesifik yang dialami penderita. Penyakit osteoporosis merupakan gangguan yang terjadi pada tulang yang mengakibatkan tulang menjadi rapuh dan berpotensi tulang mangakibatkan cacat permanen.

5

Penderita osteoporosis  80% adalah wanita, terlebih wanita yang mengalami menopause karena di dalam tubuhnya estrogen telah berkurang. Meskipun sangat umum terjadi di Indonesia akan tetapi anda dapat mencegah dan menghambat terjadinya penyakit osteoporosis. Penyakit osteoporosis dapat dihambat dengan mengikuti pola hidup sehat yaitu menjaga asupan nutrisi yang dibutuhkan dan hidup aktif (berolahraga).

Bagi anda yang memiliki kebiasaan berlama lama di depan komputer tanpa dibarengi dengan olahraga maka kemungkinan menderita osteoporosis lebih tinggi. Kecenderungan gaya hidup masyarakat yang kurang bergerak (tidak suka berolahraga) padahal ini merupakan bom waktu yang akan menyerang anda kembali.

Pada sebuah penelitian yang dilakukan masyarakat Indonesia mengalami sedentery lifestyle atau gaya hidup yang tidak aktif. Hal ini dipicu karena masyarakat yang lebih suka berlama lama dengan gadget sehingga apabila dihitung dalam masa aktif bergerak masyarakat Indonesia beresiko mengalami osteoporosis.

Apabila dihitung  satu hari kerja dengan waktu rata-rata kerja selama tujuh jam di depan komputer ataupun dengan gadget maka kondisi ini dapat mempengaruhi tulang dan beresiko tinggi mengalami osteoporosis. Bahkan bagi wanita yang kurang mengkonsumsi kalsium, sayuran hijau, kacang, atau minyak ikan maka akan beresiko lebih tinggi mengalami osteoporosis. Makanan tersebut mengandung kalsium yang dapat mencegah terjadinya osteoporosis.

Di Indonesia kejadian osteoporosis cukup tinggi, sehingga penting melakukan pencegahan osteoporosis sejak dini. Pencegahan osteoporosis dilakukan dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium dan vitamin D ataupun mengkonsumsi suplemen yang dapat membantu melengkapi kebutuhan kalsium dan vitamin D. Selain itu konsumsi dua gelas susu setiap hari akan membantu dalam melawan osteoporosis. Paling penting adalah melakukan olahraga, minimal 15 menit dalam sehari sehingga kekuatan dan kepadatan tulang tetap terjaga.

Baca Juga:  Bintik Pada Vagina

Hindari kebiasaan buruk yang mengarah pada hidup tidak sehat seperti megkonsumsi kafein, alkohol dan merokok. Terlebih pada anak muda yang seringkali mengabaikan pola hidup sehat dan kurang berolahrga dikhawatirkan akan terkena osteoporosis pada usia muda yang menyebabkan tulang menjadi tipis, pembentukan tulang terhambat, kalsium banyak terkikis dan tulang mudah patah.

Dengan demikian gaya hidup yang tidak aktif (kurang melakukan olahraga) seringkali menyebabkan banyaknya masalah kesehatan, salah satunya adalah penyakit osteoporosis. Maka sangat disarankan untuk melakukan olahraga sebagai pencegahan penyakit osteoporosis terlebih bagi wanita yang memiliki resiko osteoporosis lebih tinggi ketimbang pria.