Ingin Hubungan Seks Tetap Bergairah? Jauhi Penyebab Disfungsi Ereksi Ini

disfungi-ereksi-doktersehat

DokterSehat.ComDisfungsi ereksi adalah ketidakmampuan seseorang mencapai atau mempertahankan ereksi penis untuk melakukan hubungan seksual yang memuaskan.

Gangguan tersebut sudah dipastikan tidak akan mencapai orgasme yang memberi kenikmatan di sekujur tubuh Anda. Agar hubungan seksual Anda tetap prima, cukup menjauhi penyebab  disfungsi ereksi ini, seperti mengutip WebMD, Jumat (5/1/2018).

depresi-doktersehat

1. Depresi
Otak adalah zona erotis yang sering diabaikan. Kesenangan seksual dimulai dari kepala dan bereakasi menuju ke organ vital Anda. Depresi bisa meredam keinginan Anda dan bisa menyebabkan disfungsi ereksi. Ironisnya, banyak obat yang digunakan untuk mengobati depresi juga dapat menekan dorongan seksual Anda, membuat lebih sulit untuk mengalami ereksi dan bisa menyebabkan keterlambatan orgasme.

doktersehat-penyakit-hati-alkoholik-jantung

2. Alkohol
Anda mungkin mempertimbangkan untuk menenggak beberapa minuman beralkohol untuk memperbaiki suasana hati, tapi terlalu berlebihan bisa berakibat buruk. Penggunaan alkohol berat bisa mengganggu ereksi, namun efeknya biasanya bersifat sementara.

Kabar baiknya adalah bahwa minum sedang, satu atau dua gelas sehari, mungkin memiliki manfaat kesehatan seperti mengurangi risiko penyakit jantung. Dan risiko tersebut serupa dengan risiko disfungsi ereksi.

doktersehat-obat-Kompleks-Tuberous-Sclerosis
pic credit: jamie

3. Obat-obatan
Isi lemari obat bisa mempengaruhi performa Anda di kamar tidur. Terlalu banyak minum obat-obatan umum dapat menyebabkan disfungsi ereksi, termasuk obat tekanan darah tertentu, obat nyeri, dan antidepresan. Tapi jangan berhenti minum obat apapun tanpa berbicara dengan dokter terlebih dahulu. Obat di pasaran seperti amfetamin, kokain, dan bahkan ganja yang terlarang, dapat menyebabkan masalah seksual pada pria.

doktersehat-stres-kerja-pusing

4. Tekanan
Tidak mudah untuk mendapatkan mood ketika Anda kewalahan oleh tanggung jawab di tempat kerja dan rumah. Stres dapat mengurangi jumlah bagian tubuh Anda, termasuk penis Anda. Tangani stres dengan membuat perubahan gaya hidup yang meningkatkan kesejahteraan dan relaksasi, seperti berolahraga secara teratur, cukup tidur, dan mencari bantuan profesional bila sesuai.

5. Marah
Kemarahan bisa membuat darah mengalir tidak lancar ke wajah Anda, tapi tidak ke tempat yang Anda butuhkan saat Anda ingin berhubungan seks. Tidak mudah merasa romantis saat mengamuk, apakah kemarahan Anda diarahkan pada pasangan Anda atau tidak. Kemarahan yang tidak terekspresikan atau kemarahan yang tidak benar dapat menyebabkan masalah kinerja di kamar tidur.

stres-doktersehat

6. Kegelisahan
Khawatir bahwa Anda tidak akan bisa memuaskan dia di tempat tidur bisa membuat lebih sulit bagi Anda untuk melakukan hal itu. Kegelisahan dari bagian lain kehidupan Anda juga bisa meluas ke kamar tidur. Semua kekhawatiran itu bisa membuat Anda takut dan menghindari keintiman, yang bisa berputar menjadi lingkaran setan yang membuat ketegangan besar pada kehidupan seks Anda dan hubungan.

doktersehat-anak-kecil-kegemukan-obesitas

7. Gemuk
Berat badan berlebihan dapat mempengaruhi performa seksual Anda, dan bukan hanya dengan menurunkan harga diri Anda. Pria gemuk memiliki kadar testosteron hormon pria yang lebih rendah, yang penting untuk hasrat seksual dan menghasilkan ereksi. Kelebihan berat badan juga terkait dengan tekanan darah tinggi dan pengerasan arteri, yang bisa mengurangi aliran darah ke penis.

pasangan-di-kantor-doktersehat
Photo Credit: Keluarga.com

8. Citra diri
Bila Anda tidak menyukai apa yang Anda lihat di cermin, mudah untuk menganggap pasangan Anda juga tidak menyukai pandangan itu. Citra diri yang negatif bisa membuat Anda khawatir tidak hanya tentang penampilan Anda, tapi juga seberapa baik Anda akan tampil di tempat tidur. Kecemasan kinerja itu bisa membuat Anda terlalu cemas bahkan mencoba seks.

doktersehat-pasangan-couple-masalah-seks-impotensi-ejakulasi-dini-klamidia

9. Libido rendah
Libido rendah tidak sama dengan disfungsi ereksi, namun banyak faktor yang sama yang menghambat ereksi juga bisa meredam minat seks Anda. Rendahnya harga diri, stres, kegelisahan, dan beberapa obat tertentu dapat mengurangi dorongan seksual Anda. Ketika semua kekhawatiran itu dihubungkan dengan bercinta, ketertarikan Anda pada seks bisa berkurang.

doktersehat-gym-fitness-olahraga

10. Kesehatan Anda
Banyak kondisi kesehatan yang berbeda dapat mempengaruhi saraf, otot, atau aliran darah yang dibutuhkan untuk mendapatkan ereksi. Diabetes, tekanan darah tinggi, pengerasan pembuluh darah, cedera tulang belakang, dan multiple sclerosis dapat menyebabkan disfungsi ereksi. Pembedahan untuk mengobati masalah prostat atau kandung kemih juga bisa mempengaruhi saraf dan pembuluh darah yang mengendalikan ereksi.

Gangguan-Stress-Pasca-Trauma-PTSD-doktersehat

11. Cara memecahkan masalah ereksi
Hal ini membuat segan untuk berbicara dengan dokter tentang kehidupan seks Anda, tapi ini adalah cara terbaik untuk mendapatkan perawatan dan kembali berhubungan intim dengan pasangan Anda.

Dokter Anda dapat menentukan sumber masalahnya dan mungkin menyarankan mengubah gaya hidup seperti berhenti merokok atau menurunkan berat badan. Pilihan pengobatan lainnya mungkin termasuk obat disfungsi ereksi, perawatan hormon, alat isap yang membantu menciptakan ereksi, atau instruktur.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik