Ingin Hilangkan Bau Mulut Tapi Tidak Bawa Sikat Gigi? Gunakan Cara Ini

DokterSehat.Com– Anda ingin memulai percakapan, namun mulut terasa bau. Pasti Anda akan merasa malu bukan untuk memulainya? dan masalahnya Anda tidak membawa sikat gigi saat berada luar rumah,  seperti di kantor, saat di perjalanan atau saat Anda traveling.

doktersehat-mulut-bau

Jika Anda dalam keadaan darurat tanpa peralatan kebersihan mulut Anda, cobalah cara ini untuk menyegarkan kembali napas Anda, seperti dikutip dari laman Prevention, berikut ini:

1. Kunyah permen karet bebas gula
Permen karet ini memberikan solusi sementara dan tidak akan menghilangkan bakteri penyebab bau mulut. Tapi permen karet ini hanya akan memberikan waktu sampai Anda bisa menyikat gigi.

Pastikan mengunyah permen karet yang  bebas gula. Karena memakan gula akan menciptakan asam sebagai produk sampingan. Itu akhirnya mempengaruhi enamel gigi, tapi dalam jangka pendek yang bisa mengubah napas asam.

2. Makan buah
Meski buahnya memiliki gula alami, tetap bisa menghambat aktivitas bakteri di mulut Anda. Misalnya, apel memiliki polifenol yang dapat menekan bakteri dan membantu menghilangkan senyawa sulfur di mulut.

Namun buah-buahan yang mengandung tinggi asam seperti stroberi dan jeruk, justru akan menciptakan asam yang membuat bakteri berkembang biak.

3. Gunakan Scraper
Jika Anda tidak membawa sikat gigi, kemungkinan Anda juga tidak menggunakan scraper lidah atau alat pengerik lidah. Lain halnya makanan tertentu yang bisa menyegarkan Anda, anda juga bisa menggunakan sendok. Dengan cara mengerok lidah dengan alat makan ini.

Mengerok lidah untuk mengusir bakteri penyebab bau mulut ini sangat ideal, jika cara mengunakan sendoknya dengan baik. Pegang gagang sendok secara terbalik, dan keroklah dengan lembut di sepanjang lidah Anda. Pastikan untuk membilas dengan berkumur.

Baca Juga:  Sariawan Mengganggu, Bagaimana Mengatasinya?

4. Minum air
Ini adalah cara sederhana yang tidak dipikirkan banyak orang, karena orang cenderung berpikir bahwa air tidak cukup untuk menghilangkan bau mulut. Sementara bakteri mulut bersifat anaerobik, yang berarti tumbuh subur dalam kekeringan. Itulah sebabnya napas Anda bau di pagi hari, karena terbangun dengan mulut kering.

Air tidak hanya membantu menyeimbangkan kembali keadaan mulut Anda, namun juga dapat membantu Anda mengeluarkan beberapa partikel makanan yang menempel di antara gigi.

5. Minum yogurt
Kadungan probiotik aktif dalam yogurt sama seperti tanpa pemanis, yang akan melawan bakteri di mulut Anda dan menurunkan berapa banyak hidrogen sulfida yang dikeluarkan bakteri.

Hidrogen sulfida adalah salah satu komponen halitosis, bersama dengan methyl mercaptan, dan kombinasi keduanya telah dibandingkan dengan telur busuk dan kubis yang difermentasi.