Ingin Hidup Lebih Sehat dan Bahagia? Sering-Seringlah Berjalan Santai

DokterSehat.Com – Meskipun terlihat sederhana, berjalan santai ternyata termasuk dalam olahraga yang sangat baik bagi kesehatan tubuh kita. Bagaimana tidak, olahraga ini mampu membantu berbagai sistem di dalam tubuh berjalan dengan baik, bahkan bisa menurunkan berat badan. Bahkan, berjalan santai bisa memberikan kebaikan bagi kesehatan jiwa kita, yakni membuat kita lebih bahagia. Bagaimana hal ini bisa terjadi.

doktersehat-santai-relaks

Pakar kesehatan menyebutkan jika kini lebih banyak orang yang hidup di area kota besar demi mengejar fasilitas dan pekerjaan yang lebih baik. Sayangnya, kehidupan di kota besar yang penuh dengan tekanan dan polusi udara ternyata memicu lebih banyak orang yang mengalami masalah kejiwaan, khususnya stres. Saat stres terjadi, maka hormon kortisol dan adrenal di dalam tubuh ikut meningkat dan pada akhirnya memicu semakin lambatnya sistem metabolism di dalam tubuh. Hal ini akan berpengaruh besar pada naiknya berat badan dengan cepat. Beruntung, dengan berjalan kaki, kita secara tidak langsung memberikan efek meditasi pada pikiran sehingga stres pun akan menjadi berkurang dan pada akhirnya kita akan lebih baik mengendalikan berat badan.

Berjalan santai, tanpa adanya gadget atau ponsel yang bisa menggangu efek meditasi, akan membuat kita menikmati suasana di luar rumah dan hangatnya matahari pagi. Hal ini ternyata bisa berpengaruh pada meningkatnya mood dan tenangnya pikiran. Pakar kesehatan bahkan menyebutkan andai wajah dan leher kita terkena hangatnya sinar matahari pagi selama 10 menit saja, maka suhu tubuh ikut menghangat dan pada akhirnya membuat sistem metabolism tubuh dan kelenjar tiroid akan bekerja dengan lebih optimal.

Gerakan dari berjalan santai juga diyakini mampu meningkatkan kinerja dari sistem limfatik tubuh sehingga proses pembuangan racun dari jaringan dan pembuluh darah akan menjadi lebih baik. Hal ini akan berimbas pada tubuh yang akan lebih sehat dan tidak mudah terkena penyakit berbahaya.