Ingin Hidup Lebih Panjang? Pilihlah Dokter Wanita

DokterSehat.Com – Sebuah penelitian yang dilakukan oleh pakar kesehatan di Harvard School of Public Health sepertinya bisa menjadi patokan baru bagi mereka yang ingin hidup lebih panjang. Dari penelitian ini, diketahui bahwa para pasien yang dirawat oleh dokter wanita ternyata cenderung berumur lebih panjang jika dibandingkan dengan mereka yang dirawat oleh dokter laki-laki. Apakah hal ini berarti kita lebih baik memilih dokter wanita saja andai jatuh sakit?

doktersehat-konsultasi-orangtua

Penelitian ini sendiri dilakukan dengan menganalisa data dari sekitar 1,5 juta pasien rumah sakit di Amerika Serikat dari tahun 2011 hingga 2014. Dari data-data tersebut, diketahui bahwa andai pasien lansia dirawat oleh dokter wanita, maka pasien ini memiliki 4 persen kemungkinan lebih kecil untuk meninggal dalam waktu satu bulan sejak dirawat di rumah sakit dibandingkan dengan pasien yang dirawat oleh dokter pria. Yang lebih menarik adalah, pasien yang dirawat oleh dokter wanita ini 5 persen lebih kecil untuk jatuh sakit dan dirawat kembali di rumah sakit.

Salah seorang professor kesehatan dari Harvard School of Public Health bernama dr. Ashish Jha menyebutkan jika dari hasil penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal JAMA Internal Medicine pada 19 Desember lalu ini, diketahui bahwa dokter wanita sepertinya cenderung lebih mematuhi prosedur klinis yang sudah disepakati oleh pakar medis sehingga para pasien pun akan memiliki kecenderungan untuk kembali sehat dan hidup lebih lama. Selain itu, para dokter wanita ini juga cenderung memilih mengadopsi metode perawatan preventif sehingga tubuh pasien pun akan tidak mudah terkena penyakit yang sama di masa depan.

Dr. Jha juga menyebutkan jika dokter wanita cenderung lebih baik dalam berkomunikasi dengan pasien sehingga para pasien yang merasa dirawat dengan baik cenderung lebih termotivasi untuk segera sembuh dan bertahan hidup. Secara alami, teknik komunikasi para dokter wanita ini memang tidak dimiliki oleh para dokter pria.