Ingin Hidup Lebih Lama? Jangan Pensiun Dini

DokterSehat.Com – Sebuah penelitian yang hasilnya dipublikasikan dalam jurnal kesehatan berjudul Journal of Epidemiology and Community Health yang terbit pada tahun lalu ini menunjukkan sebuah fakta menarik tentang keputusan melakukan pensiun dini. Meskipun hal ini kerap dianggap sebagai cara untuk menikmati hidup yang lebih baik, pakar kesehatan menyebutkan bahwa pensiun dini bukanlah pilihan yang tepat jika ingin hidup lama. Dalam penelitian tersebut, diketahui bahwa mereka yang tetap bekerja hingga usianya melebihi 65 tahun ternyata justru cenderung hidup lebih lama. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-orangtua-demensia

Penelitian yang dilakukan di Oregon State University, Amerika Serikat ini, dilakukan dengan meneliti data Healthy Retirement Study dari tahun 1992 hingga 2010. Dari 12 ribu data, Chenkai Wu, salah seorang peneliti, memfokuskan penelitian pada 2.965 orang saja yang sudah pensiun pada tahun 2010 lalu. Pakar kesehatan pun kemudian mampu membagi data tersebut menjadi beberapa kelompok, dari yang berupa pensiunan yang memiliki kondisi tidak sehat, mereka yang pensiun karena terkena masalah kesehatan, para pensiunan yang berada dalam kondisi sehat, dan mereka yang pensiun dini tanpa disebabkan oleh masalah kesehatan sama sekali.

Dari data tersebut, diketahui bahwa ada 12 persen orang yang pensiun dengan kondisi sehat. Sementara itu, ada 25,6 persen orang yang pensiun dengan kondisi tidak sehat akhirnya mengalami kematian. Para pensiunan sehat yang bekerja hingga melebihi usia 65 tahun juga cenderung memiliki resiko terkena kematian lebih rendah 11 persen. Sementara itu, para pensiunan tidak sehat yang bekerja melebihi usia 65 tahun juga mampu menurunkan resiko kematian hingga 9 persen.

Pakar kesehatan menyebutkan jika bekerja setahun lagi setelah usia pensiun 65 tahun ternyata memang bisa memberikan dampak positif dalam mencegah kematian lebih awal. Memang, hal ini tidak bisa serta-merta disamakan ke semua orang, namun, pakar kesehatan menyebutkan jika dengan bekerja dan tidak melakukan pensiun dini, tubuh dan otak akan terus terasah dan hal ini bisa membuat kita hidup lebih lama.