Ingin Hidup Bahagia? Jangan Malas Untuk Bergerak

DokterSehat.Com – Apa sih kunci dari mendapatkan hidup yang berbahagia? Apakah dengan memiliki kekayaan atau kesuksesan? Atau malah hidup bersama dengan orang-orang yang tercinta? Pakar kesehatan ternyata menyebutkan jika salah satu cara yang bisa kita lakukan agar hidup terasa lebih berbahagia adalah dengan lebih aktif bergerak. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-jalan-kerja-sehat

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh pakar kesehatan dari Cambridge University dan hasilnya dipublikasikan dalam jurnal berjudul PLoS One bulan Januari 2017 kemarin, menunjukkan bahwa mereka yang lebih aktif bergerak dalam kegiatan sehari-hari, tanpa harus berolahraga, cenderung lebih berbahagia jika dibandingkan dengan mereka yang kerap menghabiskan waktunya dengan posisi duduk. Bahkan, andai kita termasuk dalam orang yang malas berolahraga, namun kerap berjalan, berdiri, menggunakan sepeda, atau melakukan peregangan saat bekerja, cenderung memiliki mood yang lebih stabil.

Penelitian ini sendiri dilakukan dengan memakai aplikasi android yang digunakan oleh lebih dari 100 ribu peserta. Aplikasi smartphone ini mampu mengecek bagaimana kadar kebahagiaan seseorang saat menyelesaikan tugas dan mengetahui seberapa aktif mereka bergerak dalam kehidupan sehari-hari. Aplikasi smartphone ini sendiri memang sudah dirancang sedemikian rupa untuk mengetahui perilaku dan kebahagiaan seseorang. Tak hanya dengan melihat aplikasi, pakar kesehatan juga menanyai para partisipan tentang suasana hati mereka. Mereka juga diminta untuk mengisi survei tentang kegiatan fisik, lokasi, seberapa banyak langkah berjalan mereka setiap hari, hingga interaksi sosial yang dilakukan.

Setelah 17 bulan dilibatkan dalam penelitian, semua data pun dikumpulkan dan diteliti. Hasilnya adalah, mereka yang kerap melakukan aktifitas fisik layaknya berjalan santai baik itu di taman, menuju ke berbagai tempat tujuan, hingga saat berjalan di pusat perbelanjaan, cenderung memiliki suasana hati yang berbahagia dan tidak mudah terkena stress.

Baca Juga:  Ingin Hidup Lebih Sehat dan Bahagia? Sering-Seringlah Berjalan Santai

Dengan adanya hasil penelitian ini, ada baiknya memang kita mulai aktif bergerak demi hidup yang jauh lebih berbahagia.