Ingin Diet Namun Selalu Gagal? Bisa Jadi Kita Masih Melakukan Hal Ini

DokterSehat.Com – Semua orang tentu sudah mengetahui cara untuk bisa mendapatkan berat badan yang ideal, yakni dengan menerapkan pola makan yang sehat dan bergizi seimbang. Kita juga tentu kerap melihat tips-tips mengkonsumsi makanan tertentu yang dianggap cocok bagi mereka yang sedang melakukan diet oleh para ahli nutrisi. Logikanya, dengan semua informasi yang lengkap ini, kita seharusnya mudah untuk melakukan diet, bukan? Faktanya, cukup banyak orang yang mengaku gagal dalam melakukan program dietnya. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-diet-anoreksia

Pakar nutrisi dan diet yang berasal dari California, Amerika Serikat, bernama Ana Reisdorf menyebutkan bahwa ada satu kesalahan diet yang hampir selalu dilakukan oleh semua orang yang gagal diet, yakni tidak adanya komitmen dan disiplin dalam melakukannya. Mereka sendiri kurang jujur pada dirinya sendiri tentang apa saja yang mereka konsumsi atau mereka lakukan untuk melakukan program diet.

Ana memberikan contoh tentang salah satu klien yang berkonsultasi padanya karena tak kunjung mampu menurunkan berat badan meskipun hanya mengkonsumsi salad setiap hari. Setelah ditelurusi, barulah diketahui jika isi dari salad ini ternyata tidak sehat dimana ada tambahan keju, mayonnaise, susu kental manis, dan gula. Tambahan ini tentu saja membuat dietnya tidak berhasil.

Selain contoh ini, Ana juga menyebutkan jika kebanyakan orang yang akhirnya gagal melakukan diet disebabkan oleh kecenderungan mereka untuk menyerah karena kesulitan meninggalkan kebiasaan melakukan pola makan yang buruk. Pada awal melakukan diet, semangat mereka memang begitu menggebu, namun lama-kelamaan ada saja alasan yang dikemukakan untuk mengungkapkan kesulitan melakukan pola makan yang baru. Akhirnya, mereka pun akan kembali ke pola makan yang tidak sehat dan program dietnya pun gagal dilakukan. Yang mengenaskan adalah, mereka justru menyalahkan program dietnya yang kurang efektif atau sulit untuk dilakukan. Padahal, kesalahan ini pada dirinya sendiri yang kurang berkomitmen untuk melakukan diet ini.