Ingin Daya Ingat Kuat? Perbanyak Konsumsi Yoghurt

DokterSehat.Com – Yoghurt sudah dikenal luas sebagai salah satu makanan yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Selain membantu saluran pencernaan tetap sehat, yoghurt juga diyakini mampu menjaga kesehatan jantung dan kesehatan kulit. Belakangan ini, ada sebuah penelitian terbaru yang hasilnya dipublikasikan dalam jurnal Frontiers in Aging Neuroscience yang menunjukkan fakta menarik dimana konsumsi yoghurt bisa membuat daya ingat kita menjadi jauh lebih baik. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-yoghurt-cokelat

Penelitian ini melibatkan setidaknya 52 pria dan wanita yang memiliki masalah demensia dengan rentang usia 60 hingga 95 tahun. Sebagian partisipan diminta untuk mengkonsumsi yoghurt dengan empat jenis probiotik sehat. Sebagian partisipan lainnya diminta untuk mengkonsumsi yoghurt yang biasa saja. Para partisipan diminta untuk mengkonsumsi yoghurt tersebut secara rutin selama 12 minggu dan kemudian di akhir penelitian, mereka diminta untuk melakukan tes kemampuan otak dan juga tes memori.

Pakar kesehatan menyebutkan jika kelompok partisipan yang mengkonsumsi yoghurt yang mengandung probiotik sehat ternyata mengalami perbaikan besar pada saat melakukan tes kemampuan otak dan tes daya ingat jika dibandingkan dengan kelompok yang lainnya. Para partisipan ini lebih baik dalam mengingat, memahami obyek, menyalin gambar, mengulangi beberapa frase kalimat, dan juga berhitung.

Dari penelitian ini, pakar kesehatan meyakini jika yoghurt ternyata mampu meningkatkan kemampuan otak para penderita demensia. Dr. Rosa Sancho, peneliti dari Alzheimer Research dari Inggris menyebutkan jika sebelumnya ada penelitian tentang khasiat yoghurt bagi kemampuan otak yang dilakukan oleh Professor Mahmoud Salami. Namun, penelitian tersebut masih dilakukan pada tikus percobaan saja, jauh berbeda dengan penelitian ini yang secara langsung menunjukkan bukti bahwa yoghurt dengan probiotik memang bermanfaat bagi kemampuan otak manusia. Dr. Sancho pun menganggap jika pakar kesehatan akan segera mencari keterkaitan antara kesehatan otak dan juga kesehatan usus setelah melihat hasil penelitian ini. Namun, menurut beliau, ada kemungkinan kita bisa semakin memperkuat daya ingat jika kita rutin mengkonsumsi yoghurt.