Ingin Cepat Menguasai Bahasa Asing? Rutinlah Bersepeda

DokterSehat.Com– Cukup banyak orang yang kini berusaha untuk belajar bahasa asing. Tak hanya Bahasa Inggris, beberapa bahasa dari negara lainnya seperti Jepang, China, Korea, Perancis, dan lain sebagainya mulai banyak diminati karena dianggap bisa menambah CV mereka. Belajar bahasa asing memang sulit, namun, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal kesehatan PLOS One, para peneliti yang berasal dari Italia dan China berhasil menemukan cara unik dan efektif agar bisa cepat menguasai bahasa asing, cara tersebut adalah dengan bersepeda.

doktersehat-bersepeda-pemanasan

Dalam penelitian ini, para peneliti mengambil sampel data dari 40 pria dan wanita yang masih kuliah dari China. Para partisipan ini sedang dalam tahapan belajar Bahasa Inggris. Para peneliti juga ingin memahami perbedaan dari cara belajar bahasa asing saat sudah masih berusia anak-anak dan yang sudah dewasa. Saat masih anak-anak, kita cenderung dengan mudah menyerap berbagai kata-kata yang disebutkan di sekitar kita. Sayangnya, seiring dengan pertambahan usia, kemampuan ini cenderung menurun.

Para partisipan ini dibagi menjadi dua kelompok, dimana satu kelompok diminta untuk bersepeda dengan santai selama 20 menit sebelum memasuki kelas bahasa yang berlangsung 15 menit dan kelompok lain tidak melakukan olahraga sebelumnya. Setiap kelompok diminta untuk menghafal 40 kata setiap sesinya dan kemudian diminta untuk melakukan tes untuk mengetahui seberapa banyak mereka menguasai bahasa asing tersebut.

Hasilnya adalah, mereka yang bersepeda terlebih dahulu sebelum memasuki kelas bahasa cenderung memiliki hasil tes yang lebih baik, memiliki daya ingat yang lebih baik, dan lebih memahami struktur kalimat bahasa asing. Simone Sulpozio yang berasal dari University Vita-Salute San Raffele Milan, Italia, menyebutkan bahwa penelitian ini membuktikan bahwa dengan melakukan aktifitas fisik, maka kemampuan untuk belajar bahasa asing juga meningkat.

Baca Juga:  Bersepeda, Olahraga Terbaik Mengatasi Depresi

Trik cepat belajar bahasa asing ini tentu menarik untuk dicoba, bukan?