Ingin Cepat Langsing? Cobalah Berendam Air Panas

DokterSehat.Com – Berendam air panas kerap kali dikaitkan sebagai salah satu cara yang efektif untuk meredakan stress, apalagi jika dilakukan setelah hari yang berat di tempat kerja. Namun, tahukah anda jika berendam air panas ternyata juga akan secara efektif menurunkan berat badan? Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-berendam-bakar-kalori

Pakar kesehatan dr. Steve Faulkner dari Universitas Loighborough menyebutkan jika selama satu jam kita berendam pada air panas, kita sudah mampu membakar kalori sebanyak 126 kalori. Angka ini ternyata setara dengan jika kita berjalan kaki selama 25 hingga 30 menit. Hal ini berarti, berendam air panas sepertinya bisa menjadi alternatif bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan namun tidak memiliki waktu atau cukup malas untuk melakukan aktivitas fisik.

Faulkner melakukan penelitian yang ditujukan untuk membandingkan hasil dari berendam air panas dengan melakukan olahraga bersepeda dalam waktu yang sama. Hasilnya adalah, jika kita berendam air panas dalam waktu satu jam, kita akan menurunkan kadar gula dalam darah lebih cepat jika dibandingkan dengan olahraga bersepeda dalam waktu yang sama. Penelitian ini sendiri melibatkan 10 partisipan pria yang memiliki kondisi kesehatan tidak bugar. Mereka diminta untuk berendam pada air hangat dengan suhu 40 derajat Celcius dan memakai alat monitoring kadar gula dalam darah yang akan dipakai hingga 24 jam ke depan. Setelah itu, mereka diminta untuk melakukan olahraga bersepeda di hari lainnya yang diyakini mampu meningkatkan suhu tubuh hingga 1 derajat.

Hasil dari penelitian ini adalah, berendam air panas akan rata-rata menurunkan kadar gula dalam darah sehingga akan secara signifikan menurunkan resiko terkena penyakit diabetes. Hal ini berarti, tak hanya mampu membuat jumlah kalori menurun, jumlah kadar gula dalam darah juga akan ikut menurun jika seseorang rutin berendam dengan air panas. Hanya saja, Faulkner menyebutkan jika efek penurunan berat badan memang akan jauh lebih maksimal andai kita juga mengkombinasikannya dengan olahraga secara teratur.