Ingin Cepat Kurus? Tidurlah Dengan Kondisi Kamar Seperti Ini

DokterSehat.Com– Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menurunkan berat badan. Sebagai contoh, kita bisa melakukan program diet dan mulai rutin melakukan olahraga. Yang tidak disangka adalah, cara tidur kita ternyata juga bisa membantu proses penurunan berat badan. Seperti apakah caranya?

doktersehat-tidur-lampu-menyala

Sebuah artikel yang dipublikasikan dalam laman Reader’s Digest pada hari Kamis, 7 September 2017, menyebutkan bahwa untuk mendapatkan waktu tidur yang berkualitas di malam hari, maka kita pun harus mengkondisikan kamar tidur kita dalam suasana atau kondisi yang sangat nyaman. Salah satu cara untuk mewujudkannya adalah dengan mengatur suhu kamar tidur. Dengan tidur yang berkualitas dan suhu ruangan yang tepat, maka sistem metabolisme tubuh akan berjalan dengan baik dan tubuhpun akan membakar lemak dengan jumlah yang lebih banyak.

Dalam sebuah penelitian, disebutkan bahwa tidur dengan suhu udara sekitar 16 derajat Celcius bisa membantu meningkatkan proses metabolisme pada tubuh dengan signifikan. Jurnal berjudul Diabetes juga mengungkapkan bahwa dengan tidur di suhu kamar yang cukup dingin ini, maka tubuh bisa membakar 7 persen kalori. Hal ini disebabkan oleh tubuh yang berusaha lebih keras untuk menjaga suhu tubuh tetap dalam kondisi yang normal, bukannya ikut turun sesuai dengan suhu kamar tidur.

Tak hanya membantu proses pembakaran kalori, suhu dingin pada kamar tidur juga bisa mencegah datangnya penyakit metabolik seperti diabetes. Selain itu, otak juga akan terjaga dari masalah alzheimer dan penuaan dini. Hal ini disebabkan oleh tubuh yang memproduksi lebih banyak hormon melatonin yang mampu mencegah berbagai masalah kesehatan tersebut.