Ingin Berlibur di Bali? Waspada Penyakit Bali Belly

DokterSehat.Com – Salah satu tempat tujuan wisata favorit saat libur panjang akhir tahun seperti sekarang ini adalah Bali. Di Bali, kita bisa menikmati berbagai tempat nan indah dari pantai-pantai hingga area pedesaan yang sangat damai. Meskipun terlihat menyenangkan, ada resiko terkena penyakit Bali Belly andai kita berlibur ke Pulau Dewata. Seperti apakah penyakit Bali Belly ini?

doktersehat-rio-de-janeiro-virus-zika-pantai-laut-kotor

Pakar kesehatan dr. Stephanie Patricia, menyebutkan jika Bali Belly sebenarnya hanyalah sebutan para wisatawan tatkala mereka terkena serangan diare saat berlibur di Bali. Banyak turis asing yang menuding makanan-makanan yang dijajakan di sana kurang bersih dan higienis sehingga memicu masalah kesehatan ini. Dalam realitanya, masih banyak pedagang yang menyediakan makanan masih dengan menggunakan tangannya. Padahal, tangan ini juga dipakai untuk menerima uang atau memegang benda-benda lain yang tentu membuat tangan ini kotor dan beresiko terpapar bakteri pemicu diare.

Selain karena faktor makanan yang kurang bersih, banyak orang yang memang cenderung kurang baik dalam menjaga kesehatannya sendiri saat berwisata. Sebagai contoh, banyak orang yang tidak segera mencuci tangannya setelah menggunakan toilet umum dan langsung memegang makanan begitu saja.

Dr. Patricia menyebutkan jika gejala awal dari penyakit Bali Belly ini sendiri adalah munculnya demam dan kram pada perut. Setelah itu, kita bisa merasakan diare dan muntah-muntah. Andai diare ini cukup parah, dikhawatirkan bisa disertai dengan darah. Satu hal yang pasti, penderita Bali Belly akan mengalami dehidrasi yang cukup parah mengingat mereka kehilangan cairan yang cukup banyak.

Demi menghindari hal ini, kita tentu harus lebih selektif dalam memilih tempat makan yang higienis saat berlibur. Selain itu, pastikan bahwa kita selalu mencuci tangan dengan sabun sebelum makan atau setelah menggunakan toilet.

Baca Juga:  Ini Manfaat Kesehatan Dari Makan Bawang Putih Mentah di Pagi Hari

Salah satu penderita Bali Belly yang dikenal masyarakat luas adalah bek Manchester United bernama Chris Smalling. Smalling yang memang beberapa waktu lalu berlibur di Bali bahkan harus dilarikan ke rumah sakit karena mengalami diare yang sangat parah.