Ingin Bangun Tidur Dengan Segar? Cobalah Untuk Tidur di Kamar Yang Dingin

DokterSehat.Com – Semua orang tentu mendambakan waktu tidur yang berkualitas sepanjang malam. Selain bisa membuat kita terbangun dengan tubuh yang segar dan semangat, tidur yang berkualitas dan nyenyak akan membuat tubuh kita melakukan proses detoksifikasi alami dengan maksimal sehingga kesehatan tubuh pun akan tetap terjaga. Banyak orang yang mencari cara agar mereka bisa tidur dengan nyenyak di rumahnya. Namun, tahukah anda, salah satu kunci mendapatkan tidur nyenyak dan bangun tidur dengan kondisi segar adalah dengan menentukan suhu udara di dalam kamar tidur?

doktersehat-tidur-resiko-stroke-dada-payudara-besar

Pakar kesehatan Chirstoper Gordon dari University of Sydney menuturkan jika agar saat terbangun tubuh kita terasa segar, ada baiknya kita membuat suhu ruangan yang kita tempati cukup dingin, yakni sekitar 18 derajat Celcius. Gordon sendiri menuturkan jika sekitar jam 5 pagi adalah fase krusial bagi tubuh saat tidur mengingat suhu tubuh akan cenderung menurun dan jika suhu ruangan cenderung lebih hangat, anda akan mudah terbangun dalam kondisi yang mirip dengan orang yang habis mabuk alkohol, yakni kepala pusing dan badan yang terasa sangat tidak enak.

Dengan suhu kamar yang hangat cenderung panas, kita akan membuat suhu tubuh akan ikut naik sehingga tubuh akan kehilangan cairan jauh lebih banyak dan beresiko mengalami dehidrasi. Layaknya sehabis olahraga, kita pun akan cenderung sangat lelah saat terbangun dengan suhu yang panas. Karena alasan inilah kita tentu akan kesulitan terbangun dengan konsisi yang segar dan siap menghadapi berbagai aktifitas seharian.

Pakar tidur lain yang berasal dari Australian Center for Sleep Research bernama Siobhan Banks juga menambahkan jika untuk mendapatkan suhu udara yang ideal di kamar yang diperuntukkan bagi tidur yang jauh lebih lelap, kita bisa memakai Air Conditioner atau kipas angin. Hanya saja, kita harus berhati-hari dengan penggunaan kipas angin karena jika kita mengarahkan kipas ke tubuh secara langsung, kita pun akan terbangun dengan kondisi badan yang tidak enak dan cenderung mudah terkena sakit flu. Arahkan saja kipas angin ke sebuah sisi dinding sehingga suhu udara dalam kamar pun menjadi lebih sejuk dan nyaman untuk tidur yang lebih baik.