Ingin Bangun Pagi Tanpa Perlu Menyalakan Alarm? Lakukan Hal ini

DokterSehat.Com – Kebanyakan orang kini sangat bergantung dengan suara alarm untuk bangun pagi. Padahal, bangun tidur yang disebabkan oleh suara alarm seringkali membuat seseorang tidak bugar dan akhirnya kurang bersemangat. Hal ini tentu sangat berbeda dengan mereka yang terbangun dari tidurnya secara alami yang akan membuat tubuh terasa lebih segar, bersemangat, dan fit untuk melakukan berbagai aktifitas. Sebenarnya, apakah ada cara yang bisa kita lakukan agar bisa terbangun tanpa bergantung dengan alarm?

doktersehat-kasur-bangun-tidur-sehat-wanita

Menurut laman kesehatan sleep.org, ternyata ada cara yang bisa kita lakukan untuk terbangun secara alami tanpa bantuan alarm. Cara tersebut adalah dengan mengatur ulang ritme sirkadian tubuh. Sebagai informasi, ritme sirkadian tubuh bisa membuat kita lebih terjaga dan mengantuk. Tak hanya itu, ritme sirkadian ini pula yang menentukan kapan tidur kita sudah dianggap cukup sehingga kita bisa terbangun secara alami di pagi hari. Saat kita menggunakan alarm, ritme sirkadian tubuh sebenarnya belum memerintahkan tubuh untuk bangun sehingga kita pun kerap mengalami rasa kurang segar, tidak bersemangat, dan kurang fit.

Agar bisa terbangun secara alami tanpa bantuan alarm, sebenarnya kita bisa menanamkan pola pikir baru pada diri kita sendiri untuk terbangun pada jam tertentu. Berkatalah pada diri sendiri sebelum tidur untuk menentukan kapan waktu kita terbangun di keesokan harinya. Selain itu, pastikan bahwa tubuh tidak dalam kondisi terlalu lelah dan kita juga akan mendapatkan waktu tidur yang cukup malam ini. Jika kita melakukannya setiap malam, maka ritme sirkadian pun akan terlatih untuk membuat kita terbangun pada jam yang kita inginkan secara alami.

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk tidak tidur terlalu malam dan jika mampu, tidurlah lebih awal dari waktu biasanya secara perlahan-lahan. Sebagai contoh, kita bisa memajukan waktu tidur lebih awal 15 menit setiap pekannya. Dengan melakukan hal ini, maka tubuh pun akan lebih terbiasa dengan waktu tidur yang baru dan kita akan mudah terbangun tanpa bantuan alarm di pagi hari.