Ingin Awet Muda? Tidurlah Satu Jam Setelah Makan Siang

DokterSehat.Com – Sesibuk apapun aktifitas harian kita, pakar kesehatan sangat menyarankan kita untuk melakukan tidur siang. Meskipun hanya sebentar, dengan melakukan tidur siang, kita akan mampu mengembalikan kembali energi dalam tubuh sekaligus membuat konsentrasi dan fokus untuk bekerja menjadi lebih baik. Sebuah penelitian terbaru yang dilakukan di Tiongkok bahkan menyebutkan jika andai kita rutin tidur siang satu jam setelah mengkonsumsi makan siang, kita bisa awet muda. Bagaimana hal ini bisa terjadi?



Penelitian yang hasilnya dipublikasikan dalam jurnal American Geriatrics Society ini dilakukan dengan melibatkan sekitar 3 ribu responden dari Tiongkok dengan usia lebih dari 65 tahun. Dari para responden ini, diketahui bahwa 60 persen dari mereka rutin melakukan tidur siang dengan durasi 30 hingga 90 menit. Para responden kemudian diminta untuk menyelesaikan soal tes matematika sederhana dan tes daya ingat agar bisa diketahui seberapa baik kemampuan kognitifnya.

Setelah diteliti, ditemukan fakta jika mereka yang tidur siang satu jam setelah menyantap makan siang akan cenderung mendapatkan hasil tes yang jauh lebih baik jika dibandingkan dengan mereka yang tidak tidur siang. Andai kita tidur dengan waktu yang lebih sedikit atau tidak tidur siang sama sekali, maka keterampilan kognitif juga akan cenderung menurun hingga 4 sampai 6 kali lipat.

Dr. Junxin Li, peneliti utama dari studi ini, menyebutkan jika mereka yang mengalami penurunan keterampilan kognitif juga akan cenderung menurunkan kemampuan mentalnya dengan signifikan. Padahal, dengan tetap menjaga keterampilan kognitif dengan lebih baik, otak pun akan tetap terasah dan pada akhirnya berimbas pada kemampuan kita untuk tetap awet muda.

Dengan adanya fakta ini, ada baiknya memang kita harus menata waktu jauh lebih baik lagi sehingga kita masih sempat untuk tidur siang yang akan membuat kita tetap awet muda.