Ingin Anak Terlahir Cerdas? Ibu Hamil Sebaiknya Memperbanyak Asupan Buah

DokterSehat.Com – Buah-buahan telah dikenal luas sebagai bahan makanan yang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Kandungan vitamin dan mineralnya bisa menjaga berbagai sistem dalam tubuh bekerja dengan baik, khususnya sistem kekebalan tubuh yang bisa menjaga kita terbebas dari berbagai penyakit. Namun, tahukah anda jika buah-buahan ternyata sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil? Selain bisa menjaga kesehatan ibu dan janinnya, mengkonsumsi buah-buahan ternyata bisa membuat bayi yang dilahirkan menjadi lebih cerdas.

doktersehat-ibu-hamil-kehamilan-makan-bergizi

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Alberta, Kanada, menunjukkan jika buah-buahan akan sangat baik dalam membuat bayi mengalami perkembangan kognitif maksimal selama fase kehamilan. Penelitian ini sendiri dilakukan pada data 688 anak-anak yang mengikuti studi Canadian Health Infant Longitudinal Development. Dari data-data ini, diketahui bahwa ibu hamil yang mengkonsumsi buah-buahan secara rutin setiap hari akan meningkatkan tingkat kognitif anak setahun setelah anak tersebut lahir.

Salah seorang pakar kesehatan yang terlibat dalam penelitian ini, dr. Piush Mandhane menyebutkan jika buah-buahan memang sangat baik bagi kesehatan kehamilan, namun ada baiknya ibu hamil juga tidak terlalu banyak mengkonsumsi buah-buahan mengingat rasa manis pada buah yang berasal dari kandungan gula alami bisa membuat ibu hamil terkena masalah diabetes gestasional atau bahkan kelebihan berat badan.

Beliau sendiri menyarankan ibu hamil mengkonsumsi buah-buahan setidaknya sekitar satu setengah atau dua cangkir saja. Jumlah ini dianggap sudah cukup untuk membuat bayi akan terlahir menjadi anak yang sehat dan cerdas. Konsumsi buah-buahan ini bisa dibagi menjadi seporsi saat sarapan, seporsi saat makan siang, dan konsumsi snack buah di sore hari. Untuk mencegah kebosanan, ada baiknya ibu hamil mencoba beberapa variasi buah-buahan setiap hari yang tentu akan sangat nikmat untuk dikonsumsi.