Ingin Anak Semakin Cerdas? Berikan Saja Es Krim Sebagai Sarapan

DokterSehat.Com – Sebuah penelitian di Jepang baru-baru ini berhasil menemukan sebuah penemuan yang sangat menarik. Profesor Yoshihiko Koga yang berasal dari Kyorin University yang ada di Tokyo, berhasil menemukan fakta dimana anak-anak yang mengkonsumsi es krim di pagi hari akan lebih baik dalam meningkatkan kecerdasan otaknya. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-es-krim-icecream-anak

Dalam penelitian yang kemudian hasilnya dipublikasikan dalam laman Independent pada tanggal 30 Juni 2017 ini, disebutkan bahwa sejumlah anak diminta oleh Profesor Koga untuk mengkonsumsi tiga sendok es krim setiap pagi. Setelahnya, anak-anak ini kemudian diminta untuk menyelesaikan beberapa tes untuk mengetahui tingkat kecerdasan atau fungsi otaknya. Hasilnya adalah, konsumsi es krim di pagi hari ternyata bisa memberikan dorongan positif yang sama sekali tidak diduga pada otak. Anak-anak yang mengkonsumsi es krim ternyata mampu memberikan respons yang jauh lebih cepat dan lebih baik, khususnya dalam memproses informasi sehingga mampu menyelesaikan tes dengan jauh lebih baik jika dibandingkan dengan anak-anak yang tidak makan es krim.

Profesor Koga berkata jika pada otak anak-anak yang mengkonsumsi es krim, terjadi peningkatan gelombang alfa. Sebagai informasi, gelombang otak ini memiliki kaitan erat dengan konsentrasi, relaksasi, hingga koordinasi mental.

Setelah meminta anak mengkonsumsi es krim, Profesor Koga pun kembali bereksperimen dengan meminta anak-anak untuk mengkonsumsi air dingin. Tujuannya adalah agar mencari tahu apakah efek peningkatan gelombang alfa pada otak ini disebabkan oleh suhu dingin dari makanan atau tidak. Hasilnya adalah, anak tidak mengalami pengaruh positif dalam kinerja otaknya layaknya saat mengkonsumsi es krim.

Profesor Koga sendiri masih melakukan penelitian lebih lanjut untuk mencari tahu apakah ada jenis es krim tertentu yang bisa meningkatkan kecerdasan otak. Namun, setidaknya kita kini tahu cara enak dan mudah untuk membuat anak emakin cerdas, yakni dengan memberikan mereka sarapan es krim.