Ingat, Sisir Juga Harus Dicuci

DokterSehat.Com – Menjaga kesehatan rambut adalah hal yang harus kita lakukan setiap hari. Jika kita membiarkan rambut kita kotor, apalagi jika jarang dicuci, maka kita pun akan beresiko mengalami masalah kesehatan rambut dan kulit kepala layaknya munculnya ketombe, gatal-gatal, hingga rambut yang mengalami masalah bercabang, patah, atau bahkan kerontokan. Sayangnya, kita seringkali terlalu fokus pada kegiatan mencuci rambut atau memberikan perawatan khusus ke salon. Sementara itu, beberapa benda sehari-hari yang berkaitan dengan rambut justru kita tidak perhatikan layaknya sisir yang tentu kita pakai setiap hari.

doktersehat-rambut-rontok-botak-kebotakan-alopecia

Sisir sendiri setidaknya akan kita pakai pada pagi hari untuk mendapatkan tatanan rambut yang rapi. Sayangnya, seringkali kita tidak memperhatikan kebersihan sisir dan cenderung meletakannya begitu saja hingga kita menggunakannya kembali. Padahal, sisir tentu berpotensi sering mendapatkan kotoran, debu, atau bahkan berbagai sisa kotoran dan minyak yang ikut terbawa setelah kita menyisir rambut. Jika kotoran-kotoran ini dibiarkan begitu saja, maka sisir pun akan memiliki noda  hitam atau cokelat pada sela-sela gigi sisir. Jika kita tetap memakai sisir yang sudah kotor ini, rambut tentu akan berpotensi terkena kotoran dan bisa memicu rasa gatal-gatal.

Pakar kesehatan rambut Paul Labrecque yang merupakan pemilik Paul Labrecque Salon and Spa yang berlokasi di New York, Amerika Serikat, menuturkan bahwa sisir adalah salah satu peralatan yang seharusnya sering-sering dibersihkan. Menurut beliau, seminggu sekali adalah waktu yang ideal dan paling lama untuk menyisir rambut. Dengan sisir rambut yang bersih, masalah kesehatan rambut layaknya rambut kotor, gatal-gatal, dan kusam pun bisa dicegah dengan baik.

Membersihkan sisir sendiri cukup mudah dilakukan. Cukup rendam sisir pada campuran air dan sabun selama 5 menit dan kemudian disikat dengan bersih, maka sisir sudah bisa aman digunakan kembali untuk menjaga tatanan rambut kita tetap rapi dan sehat.