Ingat Produk Kecantikan Ini Tidak Boleh Dipakai Pada Wajah

DokterSehat.Com – Belakangan ini kita tentu sering mendengar adanya inovasi make-up yang menggunakan berbagai produk make-up yang sudah tersedia. Seringkali, inovasi ini dilakukan agar tampilan make-up wajah menjadi lebih prima dan menarik. Sayangnya, menurut pakar kesehatan inovasi ini tidak selalu baik bagi kesehatan tubuh. Bagaimana tidak, wajah adalah bagian tubuh yang cukup sensitif sehingga jika diberikan produk-produk kecantikan lain yang belum mendapatkan uji keamanan yang layak, tentu dikhawatirkan wajah akan mengalami masalah kulit yang tentu bisa merusak penampilan kita.

doktersehat-bibir-wajah-muka

Kita bisa melihat adanya contoh dimana beberapa orang mulai menggunakan semprotan hair spray ke wajah dengan tujuan membuat make-up bertahan dalam waktu yang lama. Padahal, menurut pakar dermatologis dan kosmetik dari New York, Amerika Serikat, bernama dr. David Colbert, M.D, hal ioni sangat berbahaya. Dengan menyemprotkan hair spray ke wajah, kita akan menyemprotkan banyak kandungan alkohol dan pernis ke wajah kita. Jika hal ini sering dilakukan, dikhawatirkan wajah kita akan mengalami masalah kulit kering dan mudah mengalami penuaan dini. Selain itu, semprotan hair spray juga dikhawatirkan bisa menyebabkan iritasi, ruam-ruam, hingga pembengkakan pada wajah.

Beberapa orang juga mengaplikasikan lotion yang diperuntukkan bagi tubuh ke bagian wajah karena alasan kehabisan pelembab wajah. Sayangnya, hal ini bisa membahayakan kesehatan kulit wajah karena lotion tubuh memiliki kandungan yang disesuaikan dengan kondisi kulit tubuh yang jelas sangat berbeda jika dibandingkan dengan kulit wajah. Kulit wajah yang jauh lebih tipis dan lebih sensitif tentu beresiko mengalami kerusakan atau masalah kulit akibat hal ini.

Ada orang yang memakai deodoran di muka dengan tujuan mengurangi produksi keringat pada wajah dan membuat make-up menjadi tahan lama. Padahal, hal ini sangat berbahaya karena bisa menyebabkan wajah menjadi sangat kering yang tentu akan menyebabkan berbagai masalah penyakit kulit. Selain itu, beberapa orang yang memakai mayones pada rambut dengan tujuan membuat tampilannya semakin cantik. Padahal, mayones yang cenderung asam ini bisa memicu masalah pada kulit kepala yang tentu akan berpengaruh pada kesehatan rambut secara keseluruhan.