Ingat, Menahan Bersin Sangatlah Tidak Baik

DokterSehat.Com – Bersin adalah sebuah aktivitas normal yang terjadi pada tubuh kita, khususnya jika kita sedang mengalami flu atau merasakan ada yang aneh pada hidung kita. Bersin kerap kali disertai dengan suara yang cukup keras dan mengagetkan sehingga banyak orang yang justru kurang percaya diri untuk melakukannya. Karena alasan inilah banyak orang yang bahkan menahan bersin. Padahal, menurut pakar kesehatan, menahan bersin ternyata sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh kita.

doktersehat-wanita-flu-demam-sakit-flu-babi-swine-influenza

Pakar kesehatan dr. Michael Benninger menyebutkan jika banyak orang yang menahan bersin, khususnya saat berada dalam sebuah acara khusus yang melibatkan banyak orang. Alasan utama menahan bersin tentu saja adalah karena rasa malu atau tidak ingin mengagetkan orang lain. Padahal, jika kita menahan bersin, kita akan beresiko mengalami masalah layaknya nyeri akut pada bagian leher, cedera saraf wajah, laring yang mengalami keretakan, atau bahkan yang cukup parah adalah hampir pecahnya gendang telinga hingga retak pada tulang rusuk!

Dr. Beningger menyebutkan jika saat kita besin, setidaknya kita mengeluarkan udara dari hidung dan mulut dalam kecepatan yang sangat tinggi. Sebuah penelitian bahkan menunjukkan jika kekuatan yang dikeluarkan oleh bersin bisa membuat udara terhempas hingga 800 meter! Hal ini berarti, jika kita menahan bersin, kita akan membuat otot-otot dan organ tubuh harus menahan tekanan kekuatan yang sangat bersin. Memang, tubuh kita tidak akan meledak hanya dengan menahan bersin, namun, ada resiko cedera yang bisa menimpa kita jika menahannya.

Ingatlah bahwa bersin adalah sebuah mekanisme alami tubuh untuk membuat area pernafasan menjadi bersih, khususnya dari virus, bakteri, hingga benda-benda yang bisa menyerang kesehatan kita. Hal ini berarti, ada baiknya kita tidak menahan bersin dan membiarkannya keluar begitu saja. Hanya saja, ada baiknya kita menutupi mulut dan hidung kita dengan tisu saat bersin sehingga berbagai bakteri atau virus tidak tersebar luas.